Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Calon PM Australia: Bersama China dan India, Indonesia Akan Jadi Raksasa Ekonomi Dunia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 19 Mei 2022, 10:40 WIB
Calon PM Australia: Bersama China dan India, Indonesia Akan Jadi Raksasa Ekonomi Dunia
Calon Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese/Net
Indonesia diproyeksikan akan tumbuh menjadi kekuatan ekonomi dunia sebesar China dan India. Sehingga Australia dinilai penting untuk memperkuat hubungan dengan Indonesia.

Calon Perdana Menteri Australia sekaligus pemimpin Partai Buruh, Anthony Albanese berkomitmen untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan Indonesia sebagai "negara adikuasa" di masa depan.

"Indonesia akan tumbuh menjadi ekonomi yang substansial di dunia. Kita hidup di wilayah di mana kita akan memiliki China, India, dan Indonesia sebagai raksasa di masa depan," ujarnya, seperti dikutip Bloomberg, Kamis (19/5).

"Kita perlu memperkuat kemitraan ekonomi itu," tambahnya.

Dalam pernyataannya, Albanese mempertanyakan kurang dekatnya hubungan antara Australia dan Indonesia meski keduanya bertetangga dan fakta bahwa Indonesia akan menjadi negara adidaya.

"Kita harus benar-benar memperkuat hubungan," kata Albanese.

Kendati begitu, Albanese mengaku tidak menetapkan kebijakan khusus untuk mendekatkan hubungan kedua negara. Albanese berharap dapat memperluas kemitraan "people-to-people" dan kerjasama maritim.

Albanese merupakan penantang petahana, Perdana Menteri Scott Morrison yang berusaha mendapatkan masa jabatannya yang kedua pada pemilu 21 Mei mendatang.

Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan persaingan pemilihan yang ketat antara kedua pemimpin, dengan keduanya bersaing memperebutkan 76 kursi untuk membentuk pemerintahan di Parlemen Australia yang memiliki 151 kursi.

ARTIKEL LAINNYA