Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Isi Cadangan Darurat, China Beli Minyak Murah Rusia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 20 Mei 2022, 11:41 WIB
Isi Cadangan Darurat, China Beli Minyak Murah Rusia
Ilustrasi/Net
China sedang berusaha memanfaatkan peluang untuk membeli minyak murah Rusia di tengah sanksi dari negara-negara Barat akibat perang di Ukraina.

Mengutip sumber-sumber terdekat, Bloomberg pada Jumat (20/5) melaporkan, Beijing sedang berdiskusi dengan Moskow untuk membeli pasokan tambahan.

Adapun pembicaraan dilakukan di tingkat pemerintah dengan sedikit keterlibatan langsung dari perusahaan minyak. Nantinya, minyak murah dari Rusia akan digunakan untuk mengisi cadangan minyak strategis China.

Pembelian minyak murah Rusia oleh China juga menunjukkan semakin eratnya hubungan antara Moskow dan Beijing.

Setelah invasi Rusia, harga minyak dunia naik. China sendiri memiliki cadangan yang besar untuk digunakan selama masa darurat atau gangguan mendadak agar pasokan di dalam negeri tetap stabil.

Untuk menghadapi lonjakan harga minyak dan gas, China telah mengatur berbagai cara untuk mengimpor bahan bakar.

Sejauh ini, belum diketahui berapa volume atau persyaratan dari kesepakatan tersebut.

AS dan Inggris telah berjanji untuk melarang impor minyak Rusia. Uni Eropa juga sedang mendiskusikan langkah serupa. Tetapi minyak mentah dari Rusia masih mengalir ke pembeli yang bersedia, termasuk India dan China.

Bagi negara-negara Asia, diskon besar-besaran minyak adalah kesempatan yang terlalu bagus untuk dilewatkan. Hal itu juga yang membuat China terus membeli minyak dari Iran dan Venezuela.

ARTIKEL LAINNYA