Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Sambut Tur Asia Biden, China Latihan Militer di Laut China Selatan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 20 Mei 2022, 17:11 WIB
Sambut Tur Asia Biden, China Latihan Militer di Laut China Selatan
Ilustrasi/Net
China tengah menggelar latihan militer di Laut China Selatan, bertepatan dengan kunjungan tur Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden ke Korea Selatan dan Jepang.

Menurut keterangan Kantor Administrasi Keselamatan Maritim di Provinsi Hainan pada Jumat (20/5), latihan militer telah dimulai sejak Kamis (19/5) dan akan berlanjut hingga Senin (23/5).

Kantor itu juga menyebut kapal lain dilarang memasuki area tersebut. Namun tidak ada rincian lainnya, seperti dikutip TRT World.

Sementara itu, Biden dilaporkan telah tiba di Korea Selatan pada Jumat. Itu menjadi kunjungan pertamanya ke Seoul sebagai presiden.

Setelah Korea Selatan, Biden akan mengunjungi Jepang. Selama di Jepang, Biden akan bertemu dengan para pemimpin Quad, yang mencakup AS, Australia, India, dan Jepang.

China mengklaim hampir keseluruhan wilayah di Laut China Selatan yang kaya dengan sumber daya alam dan menjadi perairan strategis bagi perdagangan.

Beijing kerap menggelar latihan militer di Laut China Selatan untuk memperkuat klaimnya. Di samping unjuk kekuatan pada negara-negara yang memiliki klaim yang tumpang tindih, seperti Brunei, Malaysia, Filipina, dan Taiwan.

ARTIKEL LAINNYA