Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tanggapi Ekspansi NATO, Rusia Bangun 12 Pangkalan Militer Baru di Bagian Barat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 20 Mei 2022, 20:40 WIB
Tanggapi Ekspansi NATO, Rusia Bangun 12 Pangkalan Militer Baru di Bagian Barat
Ilustrasi/Net
rmol news logo Rusia berencana mendirikan 12 pangkalan militer baru di bagian barat negara. Itu dilakukan sebagai tanggapan atas proposal Swedia dan Finlandia untuk keanggotaan NATO.

Menteri Pertahanan Sergei Shoigu pada Jumat (20/5) mengatakan pangkalan-pangkalan baru itu akan beroperasi mulai akhir tahun.

"Dua belas pangkalan militer dan unit akan dikerahkan di Distrik Militer Barat," kata Shoigu, sembari menyebut adanya pertumbuhan ancaman militer di sekitar Rusia, merujuk pada NATO.

Kantor berita Rusia, Interfax melaporkan Moskow mengambil tindakan pencegahan yang memadai sebagai tanggapan atas "ancaman militer" yang dirasakan dari wilayah barat.

Swedia dan Finlandia yang dikenal memiliki status netral telah secara resmi mengajukan keanggotaan NATO. Keputusan tersebut didorong oleh kekhawatiran dua negara terhadap invasi Rusia ke Ukraina.

Sementara itu, langkah Swedia dan Finlandia itu justru mengancam Rusia. Finlandia berbagi perbatasan darat sekitar 1.300 kilometer dengan Rusia. Sedangkan pulau Gotland di Swedia yang secara strategis penting di Laut Baltik hanya 300 km dari eksklave Rusia, Kaliningrad yang dimiliterisasi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA