Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Heboh Cacar Monyet, Rusia Siapkan Vaksin Orthopoxvac

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 21 Mei 2022, 06:04 WIB
Heboh Cacar Monyet, Rusia Siapkan Vaksin Orthopoxvac
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kasus virus cacar monyet (Monkeypox) telah merambah ke negara-negara lain setelah terdeteksi di beberapa negara Eropa pada April dan Mei lalu.

Hingga kini, ada ada 11 negara yang melaporkan kasus cacar monyet, yaitu Spanyol, Portugal, Inggris, Belgia, Italia, Prancis, Jerman, Swedia, Kanada, Amerika Serikat, dan Australia.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan baru-baru ini bahwa "cacar monyet telah mempengaruhi sejumlah negara. Namun begitu, WHO mengatakan tidak melihat alasan untuk kekhawatiran serius terhadap risiko wabah massal infeksi ini.

Setelah menganalisis kasus penyakit ini di Inggris, WHO kemudian membatasi rekomendasi mereka pada standar persyaratan kesehatan dan tidak memaksakan pembatasan perjalanan dan perdagangan untuk Inggris.

Layanan Federal Rusia untuk Pengawasan Perlindungan Hak Konsumen dan Kesejahteraan Manusia mengatakan bahwa risiko infeksi (cacar monyet) yang diimpor ke Federasi Rusia sejauh ini masih sangat rendah.

Pusat Penelitian Vektor Virologi dan Bioteknologi dari pengawas kesehatan konsumen mengajukan aplikasi ke Kementerian Kesehatan untuk pendaftaran vaksin cacar Orthopoxvac. Ahli kesehatan mengatakan, vaksin tersebut dapat membentuk kekebalan dan aman.

Monkeypox adalah penyakit virus langka yang terutama ditularkan ke manusia melalui kontak dengan hewan liar yang terinfeksi (tikus atau primata). Penularan dari manusia ke manusia terbatas karena membutuhkan kontak dekat. Gejalanya meliputi demam, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, pembengkakan pada kelenjar getah bening, kedinginan, dan kelelahan.

Ini mungkin diikuti oleh ruam pada wajah dan tubuh.

WHO mengatakan bahwa tingkat kematian dari wabah virus monkeypox biasanya dari 1 persen hingga 10 persen,  meskipun sebagian besar kematian dicatat pada kelompok usia yang lebih muda.

Tidak ada pengobatan khusus atau vaksin untuk cacar monyet, tetapi vaksin yang digunakan untuk melawan cacar memberikan perlindungan yang sangat efektif terhadap penyakit ini.

Monkeypox biasanya hilang setelah dua hingga empat minggu, menurut WHO. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA