Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Biden Kunjungi Korsel, China: Semoga Membawa Perdamaian dan Bukan Kekacauan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 21 Mei 2022, 08:38 WIB
Biden Kunjungi Korsel, China: Semoga Membawa Perdamaian dan Bukan Kekacauan
Presiden Korsel Yoon Suk-yeol/Net
Kunjungan Presiden AS Joe Biden ke Korea Selatan untuk bertemu Presiden baru Korea Selatan Yoon Suk-yeol ikut menarik perhatian China yang meminta agar Washington bisa membawa pesan perdamaian bukan kekacauan.

Biden tiba di Korea Selatan pada Jumat (20/5) waktu setempat. Sebelumnya Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan pada Rabu bahwa perjalanan Biden ke Asia bukan tentang konfrontasi dengan China.

"Kami berharap AS dapat mengembangkan lingkaran pertemanan yang terbuka dan inklusif di kawasan Asia-Pasifik, berbuat lebih banyak untuk mempromosikan perdamaian dan pembangunan, daripada menciptakan gejolak dan kekacauan di kawasan itu," kata Wang Wenbin, juru bicara Kementerian Luar Negeri China daa konferensi pers Jumat, seperti dikutip dari CGTN.

"China berharap AS akan mencocokkan kata-kata mereka dengan perbuatan dan bekerja dengan negara-negara lain di kawasan Indo-Pasifik untuk mempromosikan persatuan dan kerja sama, alih-alih merencanakan perpecahan dan konfrontasi," ujarnya.

Ketika berbicara tentang Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik yang akan diluncurkan selama perjalanan Biden, Wang mengatakan bahwa China percaya setiap kerangka kerja sama regional harus konsisten dengan tren zaman untuk perdamaian dan pembangunan, dan berfungsi untuk mempromosikan rasa saling percaya dan kerja sama antar negara.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA