Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Khawatir dengan Ambisi Putin, Inggris Ingin Persenjatai Moldova

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 22 Mei 2022, 06:12 WIB
Khawatir dengan Ambisi Putin, Inggris Ingin Persenjatai Moldova
Menteri Luar Negeri Inggris, Liz Truss/Net
rmol news logo Inggris berencana untuk mengirim persenjataan modern ke Moldova untuk melindungi negara tersebut dari Rusia yang dinilai semakin agresif.

Menteri Luar Negeri Inggris, Liz Truss mengatakan pihaknya tengah melakukan dialog dengan sekutu-sekutu terkait hal tersebut.

Mempersenjatai Moldova sendiri tidak terlepas dari kekhawatiran Inggris pada ambisi Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menciptakan "Rusia yang lebih besar", terlepas dari kegagalan Moskow di Ukraina.

"Saya ingin melihat Moldova dilngkapi dengan (senjata) standar NATO. Ini adalah diskusi yang kami lakukan dengan sekutu," ujar Truss kepada The Telegraph pada Sabtu (21/5).

"Putin sangat jelas tentang ambisinya untuk menciptakan Rusia yang lebih besar. Dan hanya karena usahanya untuk merebut Kiev tidak berhasil, bukan berarti dia mengabaikan ambisi itu," tambah Truss.

Moldova, yang berbatasan dengan Ukraina di barat daya, bukan anggota aliansi NATO.

Truss mengatakan pembicaraan sedang berlangsung untuk memastikan bahwa pertahanan Moldova dapat mencegah serangan di masa depan.

Jika rencana Truss diadopsi, anggota NATO akan menyediakan persenjataan modern untuk Moldova, menggantikan peralatan era Uni Soviet, dan akan melatih tentara tentang cara menggunakannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA