Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Anthony Albanese Deklarasikan Kemenangan Pemilu, Geser Scott Morrison Jadi PM Australia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 22 Mei 2022, 06:41 WIB
Anthony Albanese Deklarasikan Kemenangan Pemilu, Geser Scott Morrison Jadi PM Australia
Deklarasi kemenangan Anthony Albanese dalam pemilu Australia pada 21 Mei 2022/Net
Anthony Albanese telah mendeklarasikan kemenangan dalam pemilihan umum pada 21 Mei, dan dipastikan akan menjadi Perdana Menteri Australia berikutnya.

Hingga berita ini dirilis, sebanyak 60 persen suara telah dihitung. Namun Partai Buruh yang digawangi Albanese sudah unggul mendapatkan 73 kursi di parlemen. Itu adalah angka yang cukup untuk membentuk pemerintahan mayoritas.

Sesaat sebelum tengah malam pada Sabtu (21/5), Albanese menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pemilih. Ia mengaku merasa terhormat terpilih menjadi PM Australia ke-31.

Dalam pidatonya, Albanese mengatakan akan membentuk pemerintahan yang menyatukan warga Australia.

“Malam ini rakyat Australia telah memilih untuk perubahan. Saya merasa tersanjung dengan kemenangan ini dan saya merasa terhormat diberi kesempatan untuk menjabat sebagai perdana menteri Australia ke-31,” kata Albanese, seperti dikutip The Guardian.

Albanese mengatakan bahwa sebagai pemimpin dia akan menghormati semua warga Australia, termasuk mereka yang tidak memilih dia.

“Saya ingin mencari tujuan bersama dan mempromosikan persatuan dan bukan ketakutan. Optimisme, bukan ketakutan dan perpecahan. Itulah yang saya coba lakukan sepanjang kehidupan politik saya dan apa yang akan saya bawa ke kepemimpinan negara kita," tuturnya.

Sementara itu, pada malam hari yang sama, Scott Morrison menyampaikan pidato konsesinya, mengakui kekalahan di pemilu. Ia juga menyampaikan ucapan selamat kepada Albanese.

“Saya selalu percaya pada orang Australia dan penilaian mereka dan saya selalu siap untuk menerima putusan mereka, dan malam ini mereka telah menyampaikan putusan mereka dan saya mengucapkan selamat kepada Anthony Albanese dan Partai Buruh dan saya berharap yang terbaik untuknya dan pemerintahannya, ” kata Morrison.

Morrison menegaskan dia akan mundur sebagai pemimpin pada pertemuan berikutnya di ruang partai Liberal.

ARTIKEL LAINNYA