Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hadapi Korut, Joe Biden Siap Bela Korsel dengan Senjata Nuklir Jika Perlu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 22 Mei 2022, 06:56 WIB
Hadapi Korut, Joe Biden Siap Bela Korsel dengan Senjata Nuklir Jika Perlu
Presiden AS Joe Biden dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol di Seoul pada 21 Mei 2022/Reuters
rmol news logo Amerika Serikat (AS) menyatakan kembali komitmennya utuk membela Korea Selatan di tengah ketegangan di Semenanjung Korea dengan Korea Utara.

Komitmen itu disampaikan oleh Presiden AS Joe Biden ketika bertemu dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol di Seoul pada Sabtu (21/5).

Setelah pertemuan, keduanya membuat pernyataan bersama. Di dalamnya, Biden menegaskan kembali komitmen AS untuk membela Korea Selatan dengan senjata nuklir jika perlu.

Kedua belah pihak juga sepakat mempertimbangkan untuk memperluas latihan militer gabungan mereka, yang telah dikurangi dalam beberapa tahun terakhir dalam upaya untuk menurunkan ketegangan dengan Korea Utara.

Di samping itu, AS berjanji untuk mengerahkan "aset strategis" ke Korea Selatan untuk mencegah Korea Utara jika diperlukan. Biasanya itu mencakup pesawat pengebom jarak jauh, kapal selam rudal, atau kapal induk.

Kedua pemimpin mengatakan mereka berkomitmen untuk denuklirisasi Korea Utara, mengklaim terbuka untuk diplomasi dengan Pyongyang.

"Mengenai apakah saya akan bertemu dengan pemimpin Korea Utara, itu akan tergantung pada apakah dia tulus dan apakah dia serius," kata Biden dalam konferensi pers bersama, seperti dikutip Reuters.

Biden dan Yoon mengatakan aliansi negara mereka yang telah berusia puluhan tahun perlu berkembang tidak hanya untuk menghadapi ancaman Korea Utara, tetapi untuk menjaga kawasan Indo-Pasifik bebas dan terbuka, serta melindungi rantai pasokan global. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA