Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Presiden AS Joe Biden Ajak Masyarakat Waspadai Munculnya Wabah Cacar Monyet

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 23 Mei 2022, 07:52 WIB
Presiden AS Joe Biden Ajak Masyarakat Waspadai Munculnya Wabah Cacar Monyet
Presiden AS Joe Biden/Net
Bahaya mengenai munculnya wabah monkeypox atau cacar monyet disampaikan Presiden AS Joe Biden.

Berbicara di Korea Selatan pada Minggu (22/5), Biden mengatakan semua orang harus ikut mengawasi munculnya penyakit yang dilaporkan sudah muncul di beberapa negara itu.

"Semua orang harus khawatir tentang (itu)," kata Biden saat berbicara dengan sekelompok wartawan sebelum dia naik Air Force One untuk bertolak ke Jepang, seperti dikutip dari Reuters.

Pernyataan Biden datang ketika banyak wabah cacar monyet dilaporkan di Afrika, diikuti oleh kasus-kasus lain yang dilaporkan di Eropa dan Amerika Serikat.

"Kami sedang mengerjakannya, sulit untuk mengetahui apa yang kami lakukan," tambah Biden.

Kasus cacar monyet telah dilaporkan di Inggris, Spanyol, Portugal, Italia, Amerika Serikat , Swedia, dan Kanada, semua oleh individu yang dilaporkan tidak memiliki riwayat perjalanan dengan Afrika. Prancis, Jerman, Belgia, dan Australia juga melaporkan kasus yang dikonfirmasi minggu ini.

Meskipun tidak ada kematian terkait cacar monyet yang dilaporkan, fenomena di seluruh dunia telah membingungkan para ahli medis.

"Saya tercengang dengan ini. Setiap hari saya bangun dan ada lebih banyak negara yang terinfeksi," kata Oyewale Tomori, seorang ahli virologi dan anggota dewan penasihat Organisasi Kesehatan Dunia.

"Ini bukan jenis penyebaran yang kita lihat di Afrika Barat, jadi mungkin ada sesuatu yang baru terjadi di Barat," tambahnya.

Sementara setidaknya ada 80 kasus penyakit yang dikonfirmasi di seluruh dunia dan 50 kasus lainnya yang dicurigai, AS hanya mengkonfirmasi sepasang kasus setelah seorang pria di Massachusetts didiagnosis dengan penyakit tersebut. Seorang pria lain di New York City juga dinyatakan positif cacar monyet.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA