Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Proposal Taiwan Jadi Pengamat di Majelis Kesehatan Dunia Ditolak Lagi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 23 Mei 2022, 19:00 WIB
Proposal Taiwan Jadi Pengamat di Majelis Kesehatan Dunia Ditolak Lagi
Majelis Kesehatan Dunia di Jenewa/Net
rmol news logo Proposal Taiwan untuk menghadiri sidang tahunan Majelis Kesehatan Dunia (WHA) dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah ditolak.

Pada Senin (23/5), Presiden WHA, Ahmed Robleh Abdilleh mengatakan proposal yang dikirim 13 anggota WHO untuk partisipasi Taiwan sebagai pengamat tidak akan dimasukkan dalam agenda resminya.

Abdilleh mengatakan, keputusan itu mengikuti rekomendasi Komite Umum dalam pertemuan tertutup pada Minggu (22/5) yang membahas proposal tersebut.

Penolakan tersebut dinilai karena tekanan diplomatik China untuk mengisolasi Taiwan karena mengganggapnya sebagai bagian dari wilayah.

Taiwan dikeluarkan dari sebagian besar kelompok global karena keberatan Beijing. China bersikeras bahwa Taiwan tidak boleh diperlakukan sebagai negara merdeka karena menganggap pulau itu sebagai provinsinya sendiri.

Sementara itu, Taiwan berpendapat pengecualiannya dari WHO telah menghambat upaya untuk memerangi pandemi Covid-19, meskipun diizinkan untuk menghadiri beberapa pertemuan teknis WHO.

"Landasan politik dan hukum untuk partisipasi Taiwan dalam WHA tidak ada lagi. Manipulasi politik ini hanya akan ditentang oleh semua pihak," kata Duta Besar China untuk PBB, Chen Xu di Jenewa, seperti dikutip Reuters.

Sidang WHA tahun ini diikuti oleh ribuan delegasi, termasuk hampir 100 dari China. Di dalamnya akan membahas reformasi utama, seperti perubahan pendanaan WHO. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA