Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ombudsman: Rusia Mendeportasi 1,4 Juta Warga Ukraina ke Wilayahnya

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 24 Mei 2022, 06:54 WIB
Ombudsman: Rusia Mendeportasi 1,4 Juta Warga Ukraina ke Wilayahnya
Warga Ukraina mengungsi mencari perlindungan/Net
Sebanyak 1,4 juta warga Ukraina telah dideportasi secara paksa oleh Moskow ke wilayah Rusia. Ombudsman Ukraina Liudmyla Denisova, pada Senin (23/5) mengatakan, dari jumlah itu ada sekitar 240.000 anak-anak.

"Sekitar 1,4 juta, termasuk lebih dari 240.000 anak-anak, dideportasi paksa ke wilayahnya oleh Federasi Rusia," kata Denisova, seperti dikutip dari AP.

Apa yang disampaikan Denisova dalam forum diskusi "Perlindungan Hak Asasi Manusia Selama Perang" di KTT Davos itu tidak disertakan bukti akurat. Denisova sedang menguraikan penderitaan para pengungsi yang melintasi perbatasan Ukraina untuk mencari tempat berlindung.

Kemungkinan bahwa Rusia masih akan melakukan deportasi paksa juga disampaikan Denisova dan kemungkinan akan membawa lebih dari 2 juta warga Ukraina.

Deportasi paksa penduduk sipil pada masa perang ke wilayah kekuasaan pendudukan bertentangan dengan Konvensi Jenewa.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam laporan terbarunya menyebutkan bahwa sejak invasi Rusia, sekitar 14 juta warga telah meninggalkan Ukraina. Enam juta di antaranya pergi ke negara-negara tetangga, sementara delapan juta lainnya mengungsi di wilayah yang masih di dalam negara itu sendiri.

Polandia menjadi negara yang paling dituju dengan total pengungsi 3.463.320.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA