Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menhan AS: Puluhan Negara Berkomitman Beri Bantuan Persenjataan untuk Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 24 Mei 2022, 10:54 WIB
Menhan AS: Puluhan Negara Berkomitman Beri Bantuan Persenjataan untuk Ukraina
Tentara Ukraina membongkar rudal anti-tank Javelin kiriman AS di bandara Boryspil, 12 April 2022/Net
rmol news logo Mestinya Ukraina tidak perlu khawatir karena ada banyak negara yang bersedia mengirimkan bantuan ke Kiev dalam upaya bertahan dari serangan Rusia.  

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengumumkan pada Senin (23/5) bahwa ada sekitar 20 negara yang telah mempersiapkan paket bantuan keamanan baru untuk ditawarkan ke Ukraina, menyusul pertemuan virtual yang bertujuan untuk mengoordinasikan pengiriman tersebut.

Mereka membentuk Grup Kontak Pertahanan Ukraina dan akan bertemu secara online untuk membahas bantuan ke Ukraina. Selain bantuan senjata dan amunisi, juga disiapkan bantuan tunai. Ada juga yang menawarkan pelatihan untuk militer Ukraina.

“Banyak negara menyumbangkan amunisi artileri yang sangat dibutuhkan, sistem pertahanan pesisir dan tank serta kendaraan lapis baja lainnya,” ujar Austin, menyebut bahwa pertemuan virtual tersebut berjalan sukses.

Di antara 20 negara yang sedang mempersiapkan penawaran baru adalah Italia, Denmark, Yunani, Norwegia dan Polandia, kata Austin.

Dia mengatakan bahwa Denmark berkomitmen untuk mengirim sistem rudal anti-kapal Harpoon, dan Republik Ceko menawarkan helikopter serang, tank, dan sistem roket.

Austin juga menyebut bantuan tersebut adalah momentun donasi yang luar biasa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA