Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Perdana, Menlu Turki Kunjungi Palestina dan Israel Bersamaan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 24 Mei 2022, 15:41 WIB
Perdana, Menlu Turki Kunjungi Palestina dan Israel Bersamaan
Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu/Net
Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu memulai kunjungan dua harinya ke Palestina dan Israel pada Selasa (24/5). Ia juga diperkirakan akan mengunjungi kompleks Masjid Al Aqsa yang menjadi titik ketegangan antara Palestina dan Israel

Ini adalah pertama kalinya bagi seorang pejabat senior Turki melakukan kunjungan seperti itu sejak lebih dari satu dekade terakhir.

Dikutip Reuters, Cavusoglu dijadwalkan bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki.

Sementara pada Rabu (25/5), ia akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid dan Menteri Pariwisata Yoel Razvozov.

Kunjungan Cavusoglu dilakukan di tengah ketegangan dan bentrokan yang kerap terjadi antara warga Palestina dan aparat keamanan Israel di kompleks Masjid Al Aqsa.

Perundingan damai yang ditengahi AS antara Israel dan Palestina yang bertujuan untuk mendirikan negara Palestina merdeka di Yerusalem Timur, Tepi Barat dan Gaza, gagal pada tahun 2014 dan kedua belah pihak tidak mengadakan pembicaraan serius sejak saat itu.

Israel dan Turki telah bekerja untuk memperbaiki hubungan mereka yang telah lama tegang dengan energi yang muncul sebagai bidang utama untuk kerjasama potensial.

Baik Turki dan Israel masing-masing mengusir duta besar mereka pada 2018, yang dipicu oleh konflik Israel-Palestina.

ARTIKEL LAINNYA