Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

George Soros: Invasi Rusia ke Ukraina Bisa Jadi Awal Perang Dunia Ketiga Jika Putin Tidak Dikalahkan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 25 Mei 2022, 06:43 WIB
George Soros: Invasi Rusia ke Ukraina Bisa Jadi Awal Perang Dunia Ketiga Jika Putin Tidak Dikalahkan
George Soros/Net
Pebisnis ulung asal Hongaria-Amerika, George Soros mendorong agar dunia Barat segera mengalahkan Presiden Vladimir Putin karena invasi Rusia ke Ukraina bisa menjadi awal dari Perang Dunia Ketiga.

Hal itu disampaikan oleh Soros yang saat ini berusia 91 tahun dalam pidatonya untuk pertemuan tahunan World Economic Forum (WEF) di Davos, Swis pada Selasa (24/5).

Soros menyebut perang Ukraina sebagai bagian dari perjuangan yang lebih luas antara masyarakat terbuka dan masyarakat tertutup seperti China dan Rusia yang sedang naik daun.

"Invasi itu mungkin merupakan awal dari Perang Dunia Ketiga dan peradaban kita mungkin tidak akan bertahan," kata Soros, seperti dikutip Reuters.

"Cara terbaik dan mungkin satu-satunya untuk melestarikan peradaban kita adalah mengalahkan Putin sesegera mungkin. Itulah intinya," tambah dia.

Soros mengatakan, saat ini Putin menyadari bahwa "operasi militer khusus" yang ia luncurkan terhadap Ukraina adalah sebuah kesalahan. Ia juga yakin bahwa Putin tengah bersiap untuk merundingkan gencatan senjata.

"Tapi gencatan senjata tidak mungkin tercapai karena dia tidak bisa dipercaya. Semakin lemah Putin, semakin tidak terduga dia," ucap Soros.

Dalam hal ini, Soros mengatakan, Uni Eropa harus memahami bahwa Putin bisa mematikan dari ketergantungan blok tersebut pada gas alam Rusia.

Rusia meluncurkan invasi ke Ukraina sejak 24 Februari, dan telah menewaskan ribuan orang, sementara jutaan lainnya melarikan diri dari rumah mereka.

ARTIKEL LAINNYA