Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dalih Repons Perang di Ukraina, PM Hongaria Viktor Orban Aktifkan Kekuasaan Darurat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 25 Mei 2022, 07:46 WIB
Dalih Repons Perang di Ukraina, PM Hongaria Viktor Orban Aktifkan Kekuasaan Darurat
Perdana Menteri Hongaria, Viktor Orban/Net
rmol news logo Perdana Menteri Hongaria, Viktor Orban mengumumkan diaktifkannya kekuasaan darurat sebagai respons atas situasi perang di Ukraina.

Lewat video yang diunggah di Facebook pada Selasa (24/5), Orban mengataka pemerintah Hongaria akan mengambil alih kekuasaan darurat agar dapat merespon lebih cepat tantangan yang dipicu oleh perang di negara tetangganya, Ukraina.

“Dunia berada di ambang krisis ekonomi. Hongaria harus menghindari perang dan melindungi keamanan finansial keluarga,” kata Orban.

Orban mengatakan tindakan pertama pemerintahnya akan diumumkan pada Rabu (25/5).

Menurut The Globe and Mail, perang di Ukraina membuat Hongaria mengalami inflasi tahunan hingga 9,5 persen, sementara defisit anggaran membengkak pada kuartal pertama karena belanja pra-pemilu.

Kekuasaan darurat sendiri telah digunakan sekali selama krisis pengungsi Eropa dan pandemi Covid-19. Dengan kekuasaan darurat, pemerintahan Orban dapat menyetujui tindakan melalui dekrit.

Orban sendiri telah memenangkan masa jabatan keempatnya secara berturut-turut dalam pemilu 3 April lalu. Kekuasaan Orban selama 12 tahun sering menuai kritik dari Uni Eropa dan kelompok hak asasi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA