Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tedros Adhanom Ghebreyesus Terpilih Jadi Dirjen WHO untuk Kedua Kalinya

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 25 Mei 2022, 08:46 WIB
Tedros Adhanom Ghebreyesus Terpilih Jadi Dirjen WHO untuk Kedua Kalinya
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus/Net
Tedros Adhanom Ghebreyesus kembali terpilih sebagai Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk masa jabatannya yang kedua.

Ia kembali terpilih selama pemilihan di Majelis Kesehatan Dunia (WHA) ke-75 pada Selasa (24/5).

Pemilihan tersebut dinilai hanya formalitas karena Tedros menjadi satu-satunya kandidat. Ia mendapatkan 155 dari 160 suara, seperti dimuat Reuters.

"Hari ini di WHA ke-75, negara-negara memilih kembali Dr Tedros untuk menjalani masa jabatan lima tahun kedua sebagai Direktur Jenderal WHO," cuit WHO di Twitter.

Adapun untuk masa jabatan yang kedua, Tedros akan secara resmi bekerja mulai 16 Agustus 2022.

"Dengan rendah hati dan merasa terhormat terpilih untuk menjalani masa jabatan kedua sebagai Direktur Jenderal WHO. Saya sangat berterima kasih atas kepercayaan dari negara-negara anggota. Saya berterima kasih kepada semua petugas kesehatan dan rekan WHO saya di seluruh dunia. Saya berharap untuk melanjutkan perjalanan kita bersama," kata Tedros.

Tedros yang merupakan mantan Menteri Kesehatan Ethiopia mengatakan WHO akan fokus pada upaya pencegahan kedaruratan dan mengembangkan badan tersebut.

Untuk masa jabatan yang kedua, Tedros tidak mendapatkan dukungan dari negara asalnya, Ethiopia, karena friksi terkait konflik Tigray.

ARTIKEL LAINNYA