Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Banjir Bandang di India, 25 Tewas Ratusan Ribu Mengungsi

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 25 Mei 2022, 15:28 WIB
Banjir Bandang di India, 25 Tewas Ratusan Ribu Mengungsi
Banjir di Assam di timur laut India/ Net
Sedikitnya 25 orang dilaporkan tewas dalam bencana banjir bandang dan tanah longsor di negara bagian Assam di timur laut India, sementara lebih dari 650.000 orang mengungsi dari rumah mereka dalam 10 hari terakhir.

Peristiwa banjir bandang dan tanah longsor di Assam merupakan bagian dari musim hujan lebat tahunan yang kerap memaksa penduduk pergi rumah mereka. Tak jarang mereka pergi tanpa membawa barang apa pun.

Sungai Brahmaputra, salah satu sungai terbesar di dunia yang mengalir dari Tibet ke India dan akhirnya ke Bangladesh, meluap di Assam, membanjiri lebih dari 1.800 desa di 26 distrik bulan ini.

"Dua puluh orang tewas dalam insiden tenggelam yang terpisah dan lima lainnya tewas akibat tanah longsor dalam 10 hari terakhir," kata Pijush Hazarika, menteri sumber daya air Assam, seraya menambahkan bahwa ketinggian air sedang surut, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (24/5).

Menanggapi bencana tersebut pihak berwenang telah mendirikan 366 kamp bantuan di 20 distrik, menyediakan tempat penampungan sementara untuk lebih dari 95.000 orang.

Jalan, rumah, dan bangunan terendam banjir di beberapa bagian negara bagian itu.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA