Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sempat Menolak, Bulgaria Akhirnya Pertimbangkan Bayar Gas Rusia dengan Rubel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 25 Mei 2022, 18:19 WIB
Sempat Menolak, Bulgaria Akhirnya Pertimbangkan Bayar Gas Rusia dengan Rubel
Menteri Energi Alexander Nikolov/Net
rmol news logo Setelah sempat menolak permintaan Moskow, Bulgaria dilaporkan sedang berencana untuk membahas pembayaran rubel untuk gas Rusia dengan Komisi Eropa.

Hal itu terungkap saat Menteri Energi Alexander Nikolov mengatakan dalam sebuah wawancara dengan saluran BTV akhir pekan ini. Ia mengatakan bahwa pejabat Uni Eropa telah menjelaskan bahwa pembayaran dalam mata uang Rusia merupakan pelanggaran sanksi.

"Sofia mengharapkan Komisi Eropa untuk memberikan instruksi lebih lanjut," katanya, seperti dikutip dari RT, Rabu (25/5).

“Tingkat solidaritas dan persatuan harus setinggi mungkin. Jika ada pengecualian, kami akan meninjaunya dan melihat apa efeknya pada keseluruhan sistem,” jelas Nikolov.

Raksasa energi Rusia Gazprom menangguhkan ekspor gas ke Bulgaria dan Polandia pada akhir April setelah mereka menolak melakukan pembayaran dalam rubel. Bulgaria bergantung pada Rusia untuk hampir 90 persen gas alamnya, dengan sisanya berasal dari Azerbaijan.

Sementara itu, pekan lalu Jerman dan Italia mengizinkan perusahaan nasional untuk membuka rekening rubel dengan Gazprombank Rusia untuk mematuhi skema pembayaran gas alam baru dan menghindari pemutusan pasokan.

Langkah itu disetujui oleh Brussels setelah berdiskusi dengan Komisi Eropa dan tidak dianggap sebagai pelanggaran sanksi yang diberikan UE terhadap Moskow atas konflik di Ukraina. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA