Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tuntutan Tidak Terpenuhi, Turki Ngotot Tolak Keanggotaan NATO Swedia dan Finlandia

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 26 Mei 2022, 06:56 WIB
Tuntutan Tidak Terpenuhi, Turki Ngotot Tolak Keanggotaan NATO Swedia dan Finlandia
Pertemuan delegasi Swedia dan Finlandia di Ankara pada Rabu 25 Mei 2022, mengenai penolakan Turki terhadap keanggotaan NATO kedua negara/Net
Turki tidak akan menyetujui Finlandia dan Swedia bergabung dengan NATO kecuali langkah-langkah khusus diambil untuk mengatasi keberatan Ankara.

“Kami telah memperjelas bahwa jika masalah keamanan Turki tidak dipenuhi dengan langkah-langkah konkret dalam jangka waktu tertentu, proses (keanggotaan NATO) tidak akan berjalan,” kata juru bicara kepresidenan Turki Ibrahim Kalin dalam konferensi pers, setelah pertemuan dengan delegasi Finlandia dan Swedia, Rabu (25/5).

Turki keberatan karena dua negara Nordik itu mendukung Partai Pekerja Kurdistan, atau PKK, serta YPG, milisi Kurdi Suriah yang didukung oleh AS. Ankara mengklaim kelompok-kelompok semacam itu merupakan ancaman bagi keamanannya, seperti dilaporkan DW.

Ankara juga menuduh kedua negara menolak untuk mengekstradisi teroris.

PKK terdaftar sebagai organisasi teror oleh beberapa sekutu Turki, termasuk Uni Eropa. Mereka telah melakukan pemberontakan selama puluhan tahun melawan Turki.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan secara pribadi telah menyatakan penentangan yang mendalam untuk memberikan lampu hijau untuk perluasan NATO kecuali ada konsesi besar.

Delegasi dari Swedia dan Finlandia berada di Ankara pada Rabu berusaha untuk mengatasi keberatan Turki terhadap keanggotaan NATO mereka.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA