Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Rebutan Pengaruh, China dan Australia Kirim Menlu ke Pafisik

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 26 Mei 2022, 09:26 WIB
Rebutan Pengaruh, China dan Australia Kirim Menlu ke Pafisik
Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese/Net
Perebutan pengaruh antara China dan Australia di Pasifik terlihat semakin nyata dengan kedua negara mengirimkan menteri luar negerinya untuk mengunjungi kawasan tersebut.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese yang baru dilantik menekankan pentingnya bagi Canberra untuk meningkatkan dukungan bagi negara-negara Pasifik.

Ia mengatakan, pemerintahan barunya berjanji untuk mengambil lebih banyak upaya untuk mendukung negara-negara tersebut dalam hal keamanan maritim, perubahan iklim, peningkatan bantuan, hingga mengizinkan warga mereka untuk bermigrasi ke Australia.

"Kita perlu melangkah, bukan mundur, seperti yang terjadi di bawah pemerintahan sebelumnya," kata Albanese, seperti dimuat Sky News.

Sebagai tindak lanjut, Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong melakukan kunjungan ke Fiji pada Kamis (26/5). Itu menjadi kunjungan Pasifik pertamanya sejak dilantik awal pekan ini.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri China Wang Yi juga dijadwalkan melakukan tur ke delapan negara Pasifik, yang dimulai dengan Kepulauan Solomon pada Kamis pagi.

Sebuah bocoran draft komunike menunjukkan China berusaha mendapatkan kesepakatan keamanan dengan 10 negara Pasifik.

ARTIKEL LAINNYA