Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rebutan Pengaruh, China dan Australia Kirim Menlu ke Pafisik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 26 Mei 2022, 09:26 WIB
Rebutan Pengaruh, China dan Australia Kirim Menlu ke Pafisik
Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese/Net
rmol news logo Perebutan pengaruh antara China dan Australia di Pasifik terlihat semakin nyata dengan kedua negara mengirimkan menteri luar negerinya untuk mengunjungi kawasan tersebut.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese yang baru dilantik menekankan pentingnya bagi Canberra untuk meningkatkan dukungan bagi negara-negara Pasifik.

Ia mengatakan, pemerintahan barunya berjanji untuk mengambil lebih banyak upaya untuk mendukung negara-negara tersebut dalam hal keamanan maritim, perubahan iklim, peningkatan bantuan, hingga mengizinkan warga mereka untuk bermigrasi ke Australia.

"Kita perlu melangkah, bukan mundur, seperti yang terjadi di bawah pemerintahan sebelumnya," kata Albanese, seperti dimuat Sky News.

Sebagai tindak lanjut, Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong melakukan kunjungan ke Fiji pada Kamis (26/5). Itu menjadi kunjungan Pasifik pertamanya sejak dilantik awal pekan ini.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri China Wang Yi juga dijadwalkan melakukan tur ke delapan negara Pasifik, yang dimulai dengan Kepulauan Solomon pada Kamis pagi.

Sebuah bocoran draft komunike menunjukkan China berusaha mendapatkan kesepakatan keamanan dengan 10 negara Pasifik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA