Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tolak Permintaan AS, Israel Tak Izinkan Jerman Pasok Rudal Spike ke Ukraina

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 26 Mei 2022, 11:41 WIB
Tolak Permintaan AS, Israel Tak Izinkan Jerman Pasok Rudal Spike ke Ukraina
Rudal anti-tank Spike/Net
Israel telah menolak permintaan Amerika Serikat (AS) untuk mengizinkan Jerman memasok Ukraina dengan rudal anti-tank Spike.

Rudal Spike sendiri produksi di Jerman dengan teknologi Israel di bawah lisensi Israel. Dengan adanya lisensi tersebut, maka Jerman harus meminta izin Israel sebelum memasok ke Ukraina.

Dari laporan Axios pada Kamis (26/5), Wakil Menteri Pertahanan AS, Colin Kahl, telah meminta pejabat tinggi Kementerian Pertahanan Israel, Amir Eshel, terkait izin memasok Ukraina dua pekan lalu.

Namun Eshel menolak pemintaan tersebut. Ia mengatakan kepada Kahl bahwa Israel hanya akan memasok Ukraina dengan peralatan militer yang tidak mematikan.

Sementara itu, seorang pejabat senior Israel mengatakan Israel khawatir tentara Rusia akan dibunuh oleh senjata buatan Israel, yang dapat menyebabkan Rusia merugikan kepentingan keamanan Israel di Suriah.

Axios menyebut, masalah pasokan senjata adalah salah satu perbedaan kebijakan terakhir antara AS dan Israel dalam hal perang.

Di bawah tekanan dari pemerintahan Joe Biden, Israel telah menyesuaikan kebijakannya terhadap Moskow dan secara bertahap mengambil posisi yang lebih pro-Ukraina daripada ketika Rusia memulai invasinya. Tapi sejauh ini belum memasok persenjataan canggih ke Ukraina.

ARTIKEL LAINNYA