Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pemimpin Baru ISIS Ditangkap di Turki

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 27 Mei 2022, 06:25 WIB
Pemimpin Baru ISIS Ditangkap di Turki
Ilustrasi/Net
Pihak berwenang Turki dillaporkan berhasil menangkap seorang pemimpin baru ISIS telah ditangkap dalam serangan baru-baru ini di Istanbul.

Disampaikan pejabat senior Turki yang tidak disebutkan namanya, bahwa polisi anti-terorisme dan agen intelijen menahan seorang pria yang mereka yakini telah memimpin kelompok ekstremis itu sejak pemimpin sebelumnya tewas dalam operasi AS di Suriah pada Februari.

Situs berita Turki OdaTV mengidentifikasi pria yang ditangkap itu sebagai Abu al-Hassan al-Qurayshi tanpa mengatakan bagaimana mereka memperoleh informasi tersebut. Laporan sebelumnya telah memberikan nama yang sama untuk pemimpin baru ISIS.

"Presiden Recep Tayyip Erdogan telah diberitahu tentang penangkapan ini," kata para pejabat Turki, seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (26/5). Penangkapan itu terjadi setelah dilakukan pengamatan yang cukup lama terhadap kediamannya.

"Dia diperkirakan akan mengumumkan penangkapan tersebut dalam beberapa hari mendatang," kata OdaTV.

Para pejabat mengatakan pemimpin teroris itu ditangkap setelah pengawasan polisi yang panjang terhadap sebuah rumah tempat dia tinggal. OdaTV mengatakan polisi tidak melepaskan tembakan selama penggerebekan itu.

Pasukan Turki telah bentrok dengan militan ISIS di dalam negeri dan di negara tetangga Suriah selama beberapa tahun terakhir, mengusir para pejuang ekstremis dari beberapa kota dekat perbatasan Turki.

Berita penahanan itu juga datang ketika Ankara mengisyaratkan rencana untuk operasi baru ke wilayah Suriah untuk menghadapi pasukan YPG Kurdi yang didukung oleh AS.

YPG yang dicap sebagai kelompok teroris oleh Turki menerima dukungan barat sebagai salah satu kekuatan paling efektif yang berjuang untuk menghancurkan ISIS.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA