Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Xi Jinping ke Komisaris HAM PBB: Tidak Ada Negara yang Sempurna Soal Hak Asasi Manusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 27 Mei 2022, 10:56 WIB
Xi Jinping ke Komisaris HAM PBB: Tidak Ada Negara yang Sempurna Soal Hak Asasi Manusia
Presiden Xi Jinping/Net
rmol news logo Pernyataan tegas disampaikan Presiden China Xi Jinping kepada Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Michelle Bachelet, mengatakan bahwa tidak perlu pengkhotbah untuk memerintah negara lain, merujuk pada catatan hak asasi manusia negara itu.

Dalam pemaparannya pada Kamis (26/5), Xi mengatakan kepada Bachelet bahwa pembangunan hak asasi manusia China sudah sesuai dengan kondisi nasionalnya sendiri.

"Mengenai masalah HAM, tidak ada negara yang sempurna, tidak perlu 'pengkhotbah' untuk memerintah negara lain, apalagi mempolitisasi masalah, mempraktikkan standar ganda atau menggunakannya sebagai alasan untuk campur tangan di negara lain' urusan internal," kata Xi seperti dikutip oleh CCTV.

Pernyataan Xi, yang dibuat dalam panggilan video dengan Bachelet pada Rabu (25/5), kemungkinan akan menambah kontroversi seputar perjalanan yang menurut para kritikus berisiko menjadi alat propaganda bagi Beijing.

Bachelet, yang tiba di China pada Senin untuk tur enam hari, diperkirakan akan mengunjungi wilayah barat jauh Xinjiang, di mana pemerintah China menghadapi tuduhan penahanan massal, asimilasi paksa, kerja paksa dan sterilisasi paksa terhadap Uighur dan sebagian besar minoritas muslim.

Namun perjalanan itu – yang pertama oleh seorang kepala hak asasi manusia PBB ke China sejak 2005 – telah dirundung pertanyaan tentang akses Bachelet dan kebebasan untuk berbicara dengan penduduk setempat tanpa pengawasan, yang menimbulkan kekhawatiran bahwa hal itu membahayakan kredibilitas kantornya.

Sementara Bachelet memastikan kunjungannya ke China sebagai bagian dari komitmennya mengatasi masalah hak asasi manusia sebagai prioritasnya.

“Agar pembangunan, perdamaian dan keamanan berkelanjutan – secara lokal dan lintas batas – hak asasi manusia harus menjadi inti mereka,” kata Bachelet.

"China memiliki aturan penting untuk dimainkan dalam lembaga multilateral dalam menghadapi banyak tantangan yang saat ini dihadapi dunia, termasuk ancaman terhadap perdamaian dan keamanan internasional, ketidakstabilan dalam sistem ekonomi global, ketidaksetaraan, perubahan iklim, dan banyak lagi," katanya.

Bachelet diperkirakan akan mengunjungi kota Kashgar dan Urumqi di Xinjiang, menurut Kementerian Luar Negeri China.

Kementerian mengatakan perjalanannya akan dilakukan dalam "lingkaran tertutup" - yang berarti delegasinya akan diisolasi di dalam "gelembung" untuk menahan potensi penyebaran Covid-19, dan tidak ada jurnalis internasional yang diizinkan bepergian bersamanya.

Kunjungan Bachelet k China juga tidak lepas dari kritikan Pemerintah AS.

"Kami tidak yakin bahwa (China) akan memberikan akses yang diperlukan untuk melakukan penilaian yang lengkap dan tidak dimanipulasi terhadap lingkungan hak asasi manusia di Xinjiang," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price kepada wartawan Selasa.

"Kami pikir itu adalah kesalahan untuk menyetujui kunjungan dalam keadaan seperti itu," kata Price, menambahkan bahwa Bachelet tidak akan dapat memperoleh gambaran lengkap tentang kekejaman, kejahatan terhadap kemanusiaan, dan genosida di wilayah tersebut.

Sebelumnya pada Senin, Amnesty International mengatakan Bachelet harus mengatasi kejahatan terhadap kemanusiaan dan pelanggaran hak asasi manusia berat selama perjalanannya.

“Kunjungan Michelle Bachelet yang telah lama tertunda ke Xinjiang adalah kesempatan penting untuk mengatasi pelanggaran hak asasi manusia di kawasan itu, tetapi itu juga akan menjadi pertempuran sengit melawan upaya pemerintah China untuk menutupi kebenaran,” kata Sekretaris Jenderal Amnesty International Agnes Callamard.

"PBB harus mengambil langkah-langkah untuk mengurangi hal ini dan menolak digunakan untuk mendukung propaganda terang-terangan," ujarnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA