Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Berlinang Air Mata, Kim Jong Un Antar Kepergian Pejabat Senior Militer Korea Utara

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 27 Mei 2022, 10:57 WIB
Berlinang Air Mata, Kim Jong Un Antar Kepergian Pejabat Senior Militer Korea Utara
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tampak menahan tangis ketika memberikan penghormatan terakhir kepada pejabat tinggi militer, Hyon Chol Hae, yang meninggal dunia pada 19 Mei 2022/net
Rasa kehilangan yang begitu besar tengah dirasakan oleh pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, ketika seorang pejabat tinggi militernya, Hyon Chol Hae meninggal dunia.

Hyon meninggal dunia pada usia 87 tahun pada 19 Mei lalu. Jenazahnya dibaringkan di 4.25 House of Culture di Pyongyang keesokan harinya.

Hyon merupakan marsekal Tentara Rakyat Korea dan penasihat umum Kementerian Pertahanan Nasional. Dia dikenal dekat dengan pemimpin Kim Jong Il, dan membantu Kim Jong Un ketika transisi kepemimpinan.

Pemakaman Hyon dihadiri langsung oleh Kim Jong Un dan sejumlah pejabat senior lainnya. Sebuah karangan bunga bertuliskan nama Kim Jong Un diletakkan di depan usungan jenazah.

Tiba di rumah duka, Kim Jong Un dan para pejabat senior memberikan penghormatan terakhir.

Sebuah video yang diunggah di kanal YouTube Korea Now menunjukkan Kim Jong Un mengitari peti jenazah dengan wajah sedih dan duka mendalam.

Ia kemudian menyampaikan belasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan.

Kim Jong Un bahkan terlihat berlinang air mata, hampir menangis ketika memberikan perpisahan kepada Hyon. Ia juga tampak menyeka air matanya setelah memberikan hormat.

Selain itu, Kim Jong Un juga menghadiri secara langsung prosesi pemakaman dan membawa peti mati Hyon Chol-hae ke tempat peristirahatan terakhir.

"Selama beberapa dekade, Hyon Chol Hae menunjukkan kepahlawanan dan pengorbanan dalam membela pemimpin besar Kim Il Sung. Kematiannya adalah kerugian besar bagi partai, tentara, dan rakyat, yang tidak dapat digantikan," demikian Kim Jong Un.

ARTIKEL LAINNYA