Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pencegahan Total Covid-19, Korut Ikut Tes Air Sungai dan Danau hingga Udara

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 27 Mei 2022, 13:35 WIB
Pencegahan Total Covid-19, Korut Ikut Tes Air Sungai dan Danau hingga Udara
Ilustrasi/Net
Korea Utara meluncurkan kampanye anti-Covid-19 secara besar-besaran. Salah satunya juga ikut melakukan tes Covid-19 pada air sungai, danau, limbah rumah tangga, hingga udara.

Menurut laporan KCNA pada Jumat (27/5), Pyongyang telah mengintensifkan perjuangannya melawan wabah Covid-19. Pemerintah juga telah meningkatkan pengujian dan desinfeksi di seluruh negeri.

"Sektor anti-epidemi darurat di semua tingkatan mengutamakan pengujian spesimen yang dikumpulkan di sungai dan danau, sambil mendisinfeksi ratusan ribu meter kubik limbah dan ribuan ton sampah setiap hari dan memeriksa dan menganalisis sampel," kata KCNA.

Tidak disebutkan metode pengujian yang digunakan. Tetapi pada tahun lalu, Pyongyang menyebut telah mengembangkan alat tes PCR.

Pekan lalu, Korea Utara menyebut wabah Covid-19 sudah terkendali, termasuk terjadi tren penurunan kasus demam dan angka kematian.

Pada Kamis malam (26/5), sekitar 100.460 orang menunjukkan gejala demam, dibandingkan dengan hampir sekitar 400 ribu yang tercatat pada 10 hari yang lalu.

Total kasus demam di Korea Utara mencapai 3.270.850 kasus, sementara kematian mencatatkan 69 kasus.

ARTIKEL LAINNYA