Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Diplomat Spanyol: NATO Tidak Berencana Mengajukan Keanggotaan Ukraina

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 28 Mei 2022, 06:41 WIB
Diplomat Spanyol: NATO Tidak Berencana Mengajukan Keanggotaan Ukraina
Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares/Net
Krisis ketahanan pangan yang mulai melanda beberapa negara belakangan ini juga menjadi perhatian pemerintah Spanyol.

Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares mengatakan pada Jumat (27/5) bahwa pemerintahannya telah bekerja keras untuk menghasilkan 'ide-ide teknis' agar krisis pangan tidak menjadi lebih luas. Saat ini ada hambatan logistik sehingga menyebabkan terhambatnya ekspor biji-bijian.

"Krisis ketahanan pangan sudah terjadi, dan itu dirasakan di banyak negara," kata Albares seperti dikutip dari TASS, menambahkan bahwa kemungkinan besar krisis ketahanan pangan akan bertahan lebih lama dari perang.

"Krisis akan bertahan lebih lama dari perang, sebab perang di Ukraina sendiri nampaknya, dilihat dari apa yang terjadi saat ini, akan berlangsung cukup lama," katanya.

Spanyol sedang berusaha agar biji-bijian Ukraina bisa diangkut ke luar negeri menyusul blokade Rusia terhadap pelabuhan utama di Ukraina.

Albares juga menyinggung rencana keanggota Ukraina di dalam NATO. Menurutnya, topik tentang keinginan Ukraina bergabung di NATO sudah tidak menjadi pembahasan lagi sekarang-sekarang ini.  

"Itu karena NATO sesungguhnya tidak berencana untuk mengajukan keanggotaan ke Ukraina. Masalah terkait ini tidak diangkat lagi saat ini," katanya, menjawab pertanyaan apakah tawaran untuk bergabung dengan NATO telah diajukan ke Ukraina.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA