Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dubes Djauhari Optimis, Kerja Sama Investasi Industri Kayu China-Indonesia Bisa Membawa Manfaat Kedua Negara

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 28 Mei 2022, 06:54 WIB
Rencana China untuk berinvestasi dalam industri kayu di Indonesia akhirnya terwujud. Pada Jumat (27/5), Perusahaan asal China Shandong Timber and Wood Products Association dan Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei, Sumatera Utara, menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk pembangunan kawasan industri internasional.

Penandatanganan disaksikan oleh Dubes RI Beijing, Djauhari Oratmangun. Dubes mengatakan, penandatanganan ini merupakan wujud kolaborasi intens antara KBRI Beijing dengan Shandong Association selama hampir 3 tahun, "yang juga bekerja sama dengan Kementerian Investasi/BKPM, Kementerian BUMN dan stakeholders lain di Indonesia,” kata Dubes dalam rilis yang diterima Kantor Berita Politik RMOL.

Dubes berharap, kerja sama ini diharapkan dapat membawa manfaat kedua negara.

Shandong Association sebagai pelaku bisnis utama bidang produksi kayu di Tiongkok diyakini akan mampu memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan kualitas produksi kayu di Indonesia khususnya untuk kebutuhan ekspor global.

Chairman Shandong Association, Yang Yuelu, mengatakan, Indonesia telah menjadi salah satu mitra kerja sama selama beberapa tahun terakhir. Investasi ini semakin memperkuat kerja sama kedua negara dalam konteks sinergi Belt and Road Initiative dan Global Maritime Fulcrum.

PT. Kawasan Industri Nusantara (KINRA) menyampaikan apresiasi atas investasi yang dilakukan Shandong Association dan harapan bahwa kerja sama ini dapat lebih meningkatkan produktivitas KEK Sei Mangkei.

China merupakan negara investor ke-3 terbesar di Indonesia. Pada 2021, nilai investasi mencapai 3,2 miliar dolar AS dan pada triwulan pertama 2022, mencapai 1,4 miliar dolar AS menurut data Kementerian Investasi BKPM.

Kerja sama KEK Sei Mangkei dengan Shandong Association ini diharapkan dapat lebih mendorong investor Tiongkok untuk berinvestasi di Indonesia.

Beberapa proyek investasi China lainnya di Indonesia adalah proyek KA Cepat Jakarta-Bandung, Two Countries Twin Parks, Tsinghua Southeast Asia Center di Pulau Kura-Kura Bali, dan Kawasan Industri Hijau di Kalimantan Utara.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA