Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Inggris: Rusia Tidak Boleh Menang, Sah Bagi Ceko untuk Mendukung Ukraina dengan Tank dan Pesawat Tempur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 28 Mei 2022, 07:18 WIB
Inggris: Rusia Tidak Boleh Menang, Sah Bagi Ceko untuk Mendukung Ukraina dengan Tank dan Pesawat Tempur
Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss/Net
rmol news logo Perang Rusia di Ukraina menunjukkan bahwa Moskow bertindak bukan saja terhadap rakyat Ukraina, tetapi juga terhadap kebebasan, kedaulatan, dan supremasi hukum di negara-negara Barat.

Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss menyampaikan hal itu dalam kunjungannya ke Praha, Jumat (27/5), dan mengatakan negara-negara Barat mestinya tidak akan merasa aman jika Rusia memenangkan perang tersebut.

"Kita harus memastikan Ukraina memenangkan perjuangan besar untuk kebebasan ini," katanya, seperti dikutip dari AFP.

"Jika dia (Presiden Rusia Vladimir Putin) berhasil di Ukraina, kami tidak akan pernah merasa aman lagi," katanya, menurut salinan pidato yang dirilis oleh Kantor Luar Negeri Inggris.

Truss muncul pada konferensi pers bersama dengan mitranya dari Ceko Jan Lipavsky di Praha. Truss kembali menyuarakan bahwa penting untuk Ukraina memenangkan perang melawan Rusia, serta persiapan untuk memenuhi semua kebutuhan jika konflik tersebut berjalan dalam jangka yang panjang.

Ia menegaskan sah bagi sekutu untuk mengirim tank dan pesawat ke Ukraina.

"Kami sangat jelas bahwa sangat sah untuk mendukung Ukraina dengan tank, dengan pesawat dan kami sangat mendukung pekerjaan yang telah dilakukan Republik Ceko mengirim tank ke Ukraina," kata Truss.

Republik Ceko menjadi negara anggota NATO pertama yang mengumumkan penyediaan tank ke Ukraina. Kini, Ceko juga yang menjadi negara pertama yang mengumumkan penyediaan helikopter tempur untuk Angkatan Bersenjata Ukraina. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA