Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Delegasi Wartawan Indonesia Hadiri HAWANA 2022 di Malaysia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Sabtu, 28 Mei 2022, 10:00 WIB
Delegasi Wartawan Indonesia Hadiri HAWANA 2022 di Malaysia
rmol news logo Sebanyak 15 wartawan Indonesia hari ini (Sabtu, 28/5) berangkat ke Malaysia untuk menghadiri Hari Wartawan Nasional (HAWANA) 2022 di Negeri Melaka.

Seperti Hari Pers Nasional (HPN) di Indonesia, HAWANA adalah kegiatan akbar yang digelar masyarakat pers Malaysia untuk merayakan kemerdekaan pers di negeri jiran.

Dalam kegiatan HAWANA, masyarakat pers nasional di Malaysia juga akan membicarakan berbagai isu kontemporer yang terkait dengan praktik pers, dan relasi antara pers dengan elemen masyarakat nasional lainnya.

HAWANA yang digelar tahun ini merupakan HAWANA kedua setelah yang pertama diselenggarakan di Kuala Lumpur tahun 2018 lalu di era pemerintahan Perdana Menteri Dato Seri Mohammad Najib Tun Razak.

29 Mei dipilih sebagai tanggal pelaksanaan HAWANA merujuk pada penerbitan edisi perdana Surat Kabar Utusan Melayu yakni 29 Mei 1939.

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Presiden Ikatan Setia Kawan Wartawan Malaysia-Indonesia (ISWAMI) di Indonesia, Asro Kamal Rokan.

Di dalam daftar delegasi wartawan Indonesia yang diterima redaksi Kantor Berita Politik RMOL terdapat nama Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal S. Depari, Ketua Dewan Kehormatan PWI yang juga Penasihat ISWAMI, Ilham Bintang, serta Setiausaha Agung ISWAMI, N. Syamsuddin Ch. Haesy.

Selain itu juga terdapat nama Tri Agung Kristanto, Wakil Pemimpin Redaksi Kompas yang juga anggota Dewan Pers periode 2022-2005.

Selanjutnya adalah Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Teguh Santosa yang juga pendiri Kantor Berita Politik RMOL, dan Pemimpin Redaksi Kumparan yang juga Ketua Forum Pimred Arifin Asydhad.

Anggota delegasi lainnya adalah Pimred LKBN Antara Akhmad Munir, Pimred Koran Sindo Pung Purwanto, Pimred Majalah Tempo Setri Yasa, Pimred Jakarta Post M. Taufiqurrahman, Pimred Detik.com Alfito Deannova Ginting, Wakil Pimred MetroTV Budiyanto, General Manager News TVOne Ecep S. Yasa, serta Wakil Pimred Republika Nur Hasan.

Kegiatan pertama peserta HAWANA 2022 dari Indonesia hari ini adalah menghadiri jamuan makan malam dengan Gubernur atau Yang di-Pertua Negeri Melaka, Tun Seri Setia (Dr) Haji Mohd Ali bin Mohd Rustam yang menjadi tuan rumah Hawana 2022.

Puncak kegiatan atau Majilis Perasmian HAWANA 2022 akan diselenggarakan hari Minggu siang (29/5). Adapun kegiatan sebelumnya di Minggu pagi adalah mengunjungi Melaka Heritage trail di Banda Hilir, Melaka.

Selesai menghadiri puncak kegiatan HAWANA 2022, delegasi Indonesia akan bergerak ke Putrajaya untuk melakukan pertemuan dengan Yang Amat Berbahagia Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Ismail Sabri Yakoob. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA