Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pencarian Eril Ridwan Kamil di Sungai Aare Dilanjutkan Kembali, Dilakukan Metode Penyelaman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 28 Mei 2022, 13:50 WIB
Pencarian Eril Ridwan Kamil di Sungai Aare Dilanjutkan Kembali, Dilakukan Metode Penyelaman
Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman D. Hadad/Net
rmol news logo Proses pencarian putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz, di Sungai Aare, Bern, kembali dilanjutkan Tim SAR gabungan yang dibentuk otoritas Swiss.

Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman D. Hadad menjelaskan, proses pencarian akan dimulai pada pagi hari waktu Swiss oleh Tim SAR yang terdiri dari pihak Kepolisian Sungai, Kepolisian Medis, dan Pemadam Kebakaran.

"Hari ini, Sabtu 28 mei 2022, Tim SAR masih akan melanjutkan upaya pencarian Eril. Dimulai 8.30 pagi ini atau sekitar setengah 2 (siang) WIB," ujar Muliaman dalam jumpa pers virtual pada Sabtu (28/5).

Muliaman mengatakan, waktu proses pencarian akan disesuaikan dengan kondisi geografis di sekitar wilayah Sungai Aare, Bern, Swiss.

"Artinya disesuaikan dengan perkembangan di lapangan," imbuhnya menegaskan.

Selain itu, Muliaman juga menyebutkan tiga metode pencarian yang akan digunakan Tim SAR. Menurutnya, ada satu metode yang terhitung baru dilakukan hari ini.

"Metode pencarian pagi ini dengan perahu, juga menggunakan drone untuk menyisir tepian Sungai Aare, dan melakukaan penyelaman (metode yang terbaru)," urainya.

Lebih lanjut, Muliaman menyatakan bahwa penyelaman yang akan dilakukan Tim SAR disesuaikan situasi dan kondisi Sungai Aare, karena airnya rentan berubah menjadi keruh karena situasi hujan atau bekas salju.

"Air Sungai Aare dasarnya dari salju yang meleleh, sehingga relatif dingin suhunya. Dan biasanya salju yang meleleh itu ada kristal-kristal putih yang kadang-kadang membuat warna air itu menajdi lebih keruh sehingga menyulitkan penyelaman," paparnya.

"Tapi pada dasarnya, pihak otoritas memberikan ataupun menyiapkan bebrgai macam metode yang available, yang disesuaikan dengan kondisi setempat dan dengan waktu yang tepat di dalam setiap proses pencariannya," demikian Muliaman. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA