Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dituding Berperan dalam Operasi Informasi Khusus Rusia, Mantan Menlu AS Kissinger Masuk Daftar Hitam di Ukraina

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 28 Mei 2022, 15:50 WIB
Dituding Berperan dalam Operasi Informasi Khusus Rusia, Mantan Menlu AS Kissinger Masuk Daftar Hitam di Ukraina
Henry Kissinger/Net
Ukraina memasukkan mantan menteri luar negeri Amerika Serikat dan penasihat keamanan nasional presiden, Henry Kissinger, dalam daftar hitam.

Deputi Pertama Perwakilan Tetap Federasi Rusia untuk PBB Dmitry Polyansky mengatakan pada Jumat (27/5) bahwa pandangan Kissinger yang terbuka dan realistis tentang situasi di Ukraina yang menjadi alasan situs web Ukraina Peacemaker memasukkannya dalam daftar hitam.

Bukan hanya itu, Kissinger juga didakwa dengan propaganda, pemerasan, dan pelanggaran batas atas integritas wilayah Ukraina. Situs web itu juga dikenal dengan nama Ukrainanya, Mirotvorets, seperti dilaporkan AP.

"Hanya untuk referensi: untuk posisinya yang berpikiran terbuka dan realistis, Henry Kissenger telah ditambahkan ke situs web Mirotvorets yang terkenal sebagai musuh Ukraina," kata Polyansky di Twitter.

"Petunjuk bagus bagi mereka yang masih percaya secara naif bahwa negosiasi dengan rezim Kiev adalah mungkin," lanjut Polyansky.

Pada Selasa (24/5,) Kissinger mengatakan kepada Forum Ekonomi Dunia di Davos bahwa proses penyelesaian di Ukraina harus diluncurkan dalam dua bulan ke depan untuk mencegah konsekuensi yang lebih serius bagi hubungan internasional di Eropa.

Beberapa media berita Barat menafsirkan pernyataan Kissinger sebagai seruan untuk membuat konsesi ke Rusia.

"Negosiasi perlu dimulai dalam dua bulan ke depan sebelum menimbulkan gejolak dan ketegangan yang tidak akan mudah diatasi. Idealnya, garis pemisah harus kembali ke status quo ante," kata Kissinger ketika itu.

Mencapai status netral Ukraina dan fungsinya sebagai jembatan antara Rusia dan Eropa harus menjadi tujuan utama dalam situasi saat ini, kata Kissinger lagi.

Presiden Ukraina Vladimir Zelensky mengkritik pernyataan Kissinger tersebut.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA