Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Putin kepada Nehammer: Rusia Tetap pada Komitmennya untuk Mengirimkan Gas ke Austria

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 28 Mei 2022, 16:37 WIB
Putin kepada Nehammer: Rusia Tetap pada Komitmennya untuk Mengirimkan Gas ke Austria
Kanselir Austria Karl Nehammer/Net
Rusia akan memenuhi komitmennya untuk tetap melakukan pengiriman gas alam. Hal itu disampaikan langsung oleh Presiden Rusia Vladimir Putin saat melakukan panggilan telepon dengan Kanselir Austria Karl Nehammer, Jumat (27/5).

Dalam percakapan itu juga dijelaskan bahwa kedua negara membahas rencana pertukaran tahanan.

Nehammer menyampaikan hal itu kepada wartawan setelah kedua pemimpin mengadakan pembicaraan selama 45 menit, seperti dilaporkan AP.

Ditanya apa yang dikatakan Putin kepadanya tentang pengiriman gas, Nehammer menjawab, "Beliau mengatakan bahwa semua pengiriman (gas) akan diselesaikan secara penuh."

Kremlin melalui layanan persnya mengatakan Rusia telah menegaskan kembali komitmennya untuk mematuhi kewajiban kontrak atas pasokan gas alam ke Austria. Selama ini Austria bergantung pada gas Rusia sebanyak 80 persen.

Putin juga telah menyampaikan kepada Nehammer, bahwa jika ada yang menyalahkan Rusia terkait macetnya pasokan pangan karena terhalang soal pendistribusian, maka mestinya mengembalikan kesalahan itu terhadap Barat yang telah meluncurkan sanksinya.

Tidak ada alasan untuk menyalahkan Rusia. Rusia telah berkomitmen untuk mendorong mengiriman biji-bijian asalkan Ukraina membersihkan area ranjau di sekitar pelabuhan.

"Vladimir Putin menekankan bahwa upaya untuk membuat Rusia bertanggung jawab atas kesulitan pasokan produk pertanian ke pasar dunia tidak berdasar," kata Kremlin setelah panggilan telepon.

“Presiden telah menjelaskan secara terperinci mengenai penyebab krisis pangan yang diakibatkan oleh macetnya distribusi dan itu semua karena sanksi yang diluncurkan Barat," kata Kremlin.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA