Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Lonjakan Wisatawan Lokal di Akhir Pekan Berpotensi Bantu Pencarian Putra Kang Emil di Sungai Aare

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 28 Mei 2022, 20:22 WIB
Lonjakan Wisatawan Lokal di Akhir Pekan Berpotensi Bantu Pencarian Putra Kang Emil di Sungai Aare
Sungai Aare di Bern, Swiss/Repro
Operasi SAR mencari putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz yang dinyatakan hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, diprediksi akan terbantu dengan lonjakan wisatawan lokal.

Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman D. Hadad mengatakan, hasil koordinasi yang dilakukannya dengan Tim SAR gabungan otoritas Swiss mendapati kemungkinan bala bantuan proses pencarian dari warga.

"Kemarin diinformasikan, hari Sabtu dan Minggu probabilatasnya tinggi, karena hampir semua orang terjun ke sungai, sehingga kemudian petugas SAR itu dibantu oleh kahadiran orang-orang itu ke sungai," ujar Muliaman dalam jumpa pers virtual pada Sabtu (28/5).

Di samping itu, Muliaman juga memastikan proses pencarian akan terus dilakukan hingga Eril ditemukan. Pasalnya, otoritas Swiss tidak memberikan batas maksimal untuk waktu pengehentian suatu operasi pencarian.

Adapun mengenai kendala operasi SAR yang dialkukan, Muliaman menerangkan bahwa sejauh ini tidak ada kendala spesifik selain kondisi alam.

"Kendala sangat situasional, karena sangat ditentukan situasi hari H di mana pencarian itu dilakuakan terkait kederasan arus air, kekeruhan air, jadi kendala alam yang dihadapi petugas SAR sehingga tidak ada yang spesifik di luar itu. Kendalnya alami," ungkapnya.

Maka dari itu, KBRI memastikan akan memantau selama 24 jam perkembangan proses pencarian oleh Tim SAR gabungan otoritas Swiss, termasuk dari masyarakat yang ikut mencari pada hari ini yang dilakukan dalam tempo yang sesuai perkembangan situasi dan kondisi di lapangan.

"Jadi hari Sabtu dan Minggu ini probabilitasnya bertambah, sehingga kita bisa memperoleh laporan dari tidak hanya petugas polisi tapi juga dari masyarakat yang berenang di Sungai Aare, kalau itu (Eril) ada di permukaan atau terlihat dengan mudah oleh masyarakat," katanya.

"Sehingga kita berdoa mudah-mudahan Sabtu dan Minggu ini ada perkembangan yang baik," demikian Muliaman berharap.

ARTIKEL LAINNYA