Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Putin: Rusia Siap Buka Pelabuhan Odesa untuk Ekspor Gandum Jika Sanksi Dicabut

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 29 Mei 2022, 06:33 WIB
Putin: Rusia Siap Buka Pelabuhan Odesa untuk Ekspor Gandum Jika Sanksi Dicabut
Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
Presiden Rusia Vladimir Putin telah memberikan tawaran kepada para pemimpin Eropa yang dibuat kewalahan dengan krisis pangan akibat perang di Ukraina.

Putin mengatakan Rusia bisa membuka kembali pelabuhan Odesa untuk ekspor gandum, dengan imbalan sanksi Barat segera dicabut.

Tawaran itu disampaikan Putin ketika melakukan panggilan telepon dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Olaf Scholz pada Sabtu (28/5).

Dalam kesempatan tersebut, Marcon dan Scholz mendesak Putin untuk membuka kembali pelabuhan Odesa di tengah krisis pangan lantaran Ukraina sebagai produsen gandum utama tidak bisa mengekspor di tengah konflik.

"(Macron dan Scholz) bersikeras terhadap Presiden Vladimir Putin mengenai urgensi pencabutan blokade Odesa untuk memungkinkan ekspor gandum Ukraina melalui Laut Hitam, dan demi menghindari krisis pangan dunia," begitu pernyataan Istana Elysee di Paris, seperti dikutip Politico.

Sementara itu, Kremlin menyebut, Putin mengatakan kepada dua pemimpin Eropa tersebut bahwa Rusia siap membantu mencari solusi untuk ekspor gandum tanpa hambatan dari pelabuhan Laut Hitam.

Tetapi pada saat yang sama, Putin juga menekankan bahwa krisis pangan disebabkan oleh sanksi yang diberlakukan oleh Barat.

"Putin menjelaskan alasan sebenarnya dari kesulitan pasokan makanan, yang merupakan akibat dari kebijakan ekonomi dan keuangan yang salah dari negara-negara Barat, serta sanksi anti-Rusia yang dijatuhkan oleh mereka," kata Kremlin.

“Meningkatkan pasokan pupuk dan produk pertanian Rusia juga akan mengurangi ketegangan di pasar pangan global, yang tentu saja akan membutuhkan pencabutan sanksi yang relevan,” tambah Kremlin.

Sebelum perang, Ukraina mampu mengekspor sekitar 5 juta metrik ton biji-bijian dan hingga 700 ribu ton minyak bunga matahari per bulan melalui Laut Hitam. Tetapi selama April, Ukraina hanya berhasil mengekspor kurang dari 1 juta ton biji-bijian.

ARTIKEL LAINNYA