Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Di Tengah Tekanan Barat, Korsel Tetap Beli Gas dari Rusia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 29 Mei 2022, 13:53 WIB
Di Tengah Tekanan Barat, Korsel Tetap Beli Gas dari Rusia
Korea Gas Corporation (KOGAS)/Net
Terlepas dari upaya negara-negara Barat untuk mengembargo migas Rusia, Korea Selatan dilaporkan masih tetap membeli gas alam cairnya dari Moskow, dan mengaku tidak berencana untuk mengubah kebijakannya.

Perusahaan gas milik negara Korea Selatan, KOGAS, mencatat bahwa sumber daya energi pada awalnya tidak dikenakan sanksi, sehingga pembelian migas dari Rusia seharusnya tidak bermasalah.

"KOGAS tidak memiliki masalah dengan Rusia saat ini. Jika situasi berubah di masa depan, KOGAS akan mendiskusikannya dengan pihak Rusia dengan itikad baik untuk menyelesaikan masalah," kata seorang sumber kepada Sputnik, Minggu (29/5).

Sementara itu, pembelian masih dilakukan berdasarkan kontrak jangka panjang, dengan volume yang sama seperti sebelumnya. Adapun pembayaran dilakukan dalam dolar melalui bank AS dan kemudian satu lagi di Jepang.

KOGAS mengaku belum menerima permintaan untuk membayar dalam rubel.

Kontrak jangka panjang antara KOGAS dan pihak Rusia mencakup pembelian 1,5 juta ton LNG per tahun, yang merupakan sekitar 4 perse dari pembelian perusahaan pada tahun 2021.

ARTIKEL LAINNYA