Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kolombia Lanjutkan Pilpres Putaran Kedua pada 19 Juni

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 30 Mei 2022, 13:10 WIB
Kolombia Lanjutkan Pilpres Putaran Kedua pada 19 Juni
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kolombia ajak menggelar pilpres putaran kedua pada bulan depan, setelah pemungutan suara putaran pertama pada Minggu (29/5) tidak menghasilkan mayoritas dukungan.

Pada putaran pertama pilpres, kandidat sayap kiri Gustavo Petro memenangkan 40,30 persen suara, tidak cukup untuk menang langsung. Ia memimpin lebih dari 2,5 juta suara dari 99 persen suara yang sudah dihitung.

Petro yang merupakan mantan anggota kelompok pemberontak M-19 pada awal 1990-an, menjadi seorang legislator. Ia juga pernah menjadi senator dan walikota Bogota.

Petro telah mengikuti tiga kali pilpres. Pada pilpres 2018, Petro menjadi runner-up setelah dikalahkan oleh kandidat sayap kanan Ivan Duque.

Selama kampanyenya, Petro telah berjanji untuk mendistribusikan kembali sistem pensiun negara dan mengakhiri ekstraksi minyak, ekspor terbesar negara itu.

Dimuat Anadolu Agency, putaran kedua pilpres Kolombia akan digelar pada 19 Juni.

Petro akan menghadapi sayap kanan, populis anti-kemapanan Rodolfo Hernandez, yang memperoleh 28,20 persen suara pada putara pertama.

Sementara itu, kandidat sayap kanan, Federico Gutierrez, yang berada di posisi kedua sepanjang kampanye, telah kehilangan momentum pada putaran pertama.

Jika Petro menang, itu akan menandai kemenangan lain bagi sayap kiri Amerika Latin, yang menguasai sebagian besar wilayah termasuk Meksiko, Nikaragua, Venezuela, Peru, Chili, dan Argentina. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA