Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bantu Sri Lanka, Bank Dunia Gelontorkan Rp 10 Triliun

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 30 Mei 2022, 17:09 WIB
Bantu Sri Lanka, Bank Dunia Gelontorkan Rp 10 Triliun
Bank Dunia/Net
Bank Dunia berencana menggelontorkan 700 juta dolar AS atau setara dengan Rp 10 triliun ke Sri Lanka yang sedang dilanda krisis ekonomi hebat.

Rencana itu dibahas selama pertemuan antara Country Manager Bank Dunia Chiyo Kanda dengan Menteri Luar Negeri Sri Lanka GL Peiris pada pekan lalu.

Kanda mengatakan Bank Dunia akan bekerja sama dengan Asian Development Bank (ADB), Asian Insfrastructure Investment Bank (AIIB), dan PBB untuk memulai kembali proyek-proyek mereka di Sri Lanka.

Menurut Colombo Gazette, Peiris meminta bantuan dari Bank Dunia hingga bantuan jangka panjang dari Dana Moneter Internasional (IMF) dapat direalisasikan.

Sebagai tindak lanjut, Kanda menyebut Bank Dunia akan mengucurkan 700 juta dolar AS ke Sri Lanka dalam beberapa bulan mendatang.

Awal bulan ini, IMF berkomitmen untuk membantu Sri Lanka, sejalan dengan kebijakannya. Kendati begitu, bantuan tersebut tidak serta merta dapat direalisasikan.

Sejauh ini, diskusi tingkat teknis antara Sri Lanka dan IMF telah dimulai. Nantinya, mereka akan melanjutkan diskusi kebijakan setelah pemerintahan baru dibentuk.

Sri Lanka hampir bangkrut dan menghadapi krisis ekonomi parah yang belum pernah terjadi sejak merdeka. Devisa negara yang menyusut membuat Sri Lanka kesulitan membeli bahan bakar hingga makanan dan obat-obatan.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA