Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Buktikan Janji, untuk Pertama Kalinya Presiden Timor-Leste Tunjuk Penyandang Disabilitas sebagai Penasihat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 31 Mei 2022, 16:01 WIB
Buktikan Janji, untuk Pertama Kalinya Presiden Timor-Leste Tunjuk Penyandang Disabilitas sebagai Penasihat
Presiden Timor-Leste Jose Manuel Ramos-Horta/Net
rmol news logo Janji Presiden Timor-Leste Jose Manuel Ramos-Horta untuk memasukkan penyandang disabilitas ke dalam pemerintahannya terbukti dengan penunjukkan Direktur Asosiasi Penyandang Cacat Mata Timor-Leste Gaspar Afonso di jajaran penasihat presiden.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Selama masa kampanye, Ramos-Horta dikenal selalu menyuarakan persamaan hak penyandang disabilitas. Dia juga berjanji memasukkan mereka ke dalam jajaran pemerintahan.

Menurutnya, penyandang disabilitas juga merupakan manusia yang memiliki hak yang sama dengan manusia lainnya.

Afonso dalam pernyataanya mengatakan bahwa dirinya akan segera bertugas sebagai penasihat Presiden Republik di bidang sosial pada Rabu (1/6).

“Saya akan mulai bekerja sebagai penasihat utama bidang sosial pada 1 Juni di kabinet presiden. Ini pertama kalinya penyandang disabilitas menduduki posisi penting di kantor presiden,” kata Afonso kepada wartawan usai bertemu dengan presiden, seperti dikutip dari The Oekusi Post, Selasa (31/5).

Dalam konferensi pers tersebut Gaspar turut menjelaskan konstitusi RDTL dalam Pasal 21 tentang Warga Negara Penyandang Disabilitas.  

Pertama, menyatakan bahwa setiap warga negara penyandang cacat berhak menikmati hak yang sama dan tunduk pada kewajiban yang sama dengan warga negara lainnya, kecuali hak dan kewajiban yang tidak dapat dilaksanakan karena kecacatannya.  

Dan kedua, dalam batas kemampuannya, Negara mengembangkan perlindungan bagi penyandang disabilitas, berdasarkan undang-undang.

“Saya dan beberapa teman akan datang bekerja di istana presiden di bidang sosial. Tugas kami juga mewakili teman-teman penyandang disabilitas di negara kami," ujar Afonso.

Menurut data Asosiasi Disabilitas Mata Timor-Leste, terdapat sekitar 38.118 penyandang disabilitas di negara tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA