Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Kroasia: Sanksi Baru yang Diluncurkan UE Hanya Akan Membuat Putin Tersenyum

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 01 Juni 2022, 06:29 WIB
Presiden Kroasia: Sanksi Baru yang Diluncurkan UE  Hanya Akan Membuat Putin Tersenyum
Presiden Kroasia Zoran Milanovi/Net
rmol news logo Sanksi baru yang akan diluncurkan Uni Eropa tidak akan membawa pengaruh apa pun bagi Rusia, juga tidak akan menghentikan perang di Ukraina.

Presiden Kroasia Zoran Milanovi mengungkapkan pendapatnya itu saat berkunjung ke Swiss, menambahkan bahwa perang di Ukraina hanya dapat dihentikan dengan bantuan diplomasi.

Ia telah mengamati bursa saham dan melihat bahwa rubel telah kembali ke level sebulan yang lalu.

"Memperkenalkan embargo gas lagi terhadap Rusia, mengapa tidak? Sayangnya, sanksi tidak berhasil, bahkan rubel sama sekali tidak jatuh. Saya akan sangat senang jika Rusia mundur secepatnya dari Ukraina, tetapi itu tidak akan terjadi,” kata Milanovi, seperti dikutip dari Eurotiv.

Para pemimpin negara-negara anggota UE menyetujui larangan parsial impor minyak Rusia pada Selasa (31/5). Pembatasan baru akan mempengaruhi dua pertiga volume bahan bakar. Embargo parsial atas impor bahan mentah Rusia akan dimasukkan dalam paket keenam sanksi Uni Eropa. Namun, itu masih menunggu persetujuan dari semua anggota UE.

Uni Eropa berencana untuk menghapus minyak mentah Rusia dalam waktu enam bulan dan minyak sulingan pada Januari 2023. Namun, beberapa negara anggota tidak dapat menyetujui sanksi baru tersebut, terutama Hongaria yang sangat bergantung pada energi Rusia.

Ketika Uni Eropa memberlakukan pelarangan energi Rusia, maka akan ada pelanggan lain yang datang kepada Moskow karena tingginya permintaan energi.

"Sanksi mungkin baru akan terasa efeknya nanti, di suatu masa. Sementara menunggu itu berhasil, warga negara Eropa akan membayar resikonya. Itu malah akan membuat Putin tersenyum puas," kata Milanovich. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA