Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ragukan Klaim Pyongyang, WHO Yakin Wabah Covid-19 di Korea Utara Memburuk

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 02 Juni 2022, 08:43 WIB
Ragukan Klaim Pyongyang, WHO Yakin Wabah Covid-19 di Korea Utara Memburuk
Ilustrasi/Net
rmol news logo Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mulai meragukan klaim Korea Utara yang menyebut telah berhasil mengendalikan wabah Covid-19. Sebaliknya, WHO meyakini situasi di sana memburuk.

"Kami berasumsi situasinya semakin buruk, bukan lebih baik," kata kepala kedaruratan WHO, Michael Ryan dalam konferensi pers pada Rabu (1/6).

Ryan mengaku WHO tidak memiliki akses terkait wabah Covid-19 di Korea Utara, selain informasi dari media pemerintah yang juga dirilis kepada publik.

Alih-alih, WHO bekerja sama dengan Korea Selatan dan China untuk mencoba mendapatkan gambaran lebih baik terkait situasi wabah Covid-19 di Korea Utara.

"Kami memiliki masalah nyata dalam mendapatkan akses ke data mentah dan situasi aktual di lapangan," tambah Ryan, seperti dikutip The Guardian.

Media pemerintah Korea Utara, KCNA mengklaim wabah Covid-19 sudah mereda, dengan terjadinya penurunan tren kasus demam dari awalnya mencapai 390 ribu per hari menjadi di bawah 100 ribu per hari.

Secara keseluruhan, Korea Utara sudah melaporkan 3,8 juta kasus demam dari akhir April. Sementara angka kematian mencapai 69 kasus.

Korea Utara telah menolak bantuan vaksin Covid-19 yang ditawarkan oleh WHO, dan tidak memvaksinasi salah satu dari sekitar 25 juta orangnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA