Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penuhi Janji, PM Baru Australia Jadikan Indonesia Destinasi Kunjungan Bilateral Pertama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 02 Juni 2022, 14:34 WIB
Penuhi Janji, PM Baru Australia Jadikan Indonesia Destinasi Kunjungan Bilateral Pertama
Perdana Menteri Australia Anthony Albanese/Net
rmol news logo Perdana Menteri Australia Anthony Albanese menjadikan Indonesia sebagai destinasi kunjungan bilateral pertamanya setelah dilantik.

Albanese dijadwalkan untuk melakukan kunjungan resmi ke Jakarta pada akhir pekan ini, Minggu (5/6) hingga Selasa (7/6).

Dalam tradisinya, setiap PM Australia kerap menjadikan Indonesia sebagai destinasi kunjungan bilateral pertama setelah menjabat.

Albanese sendiri telah berjanji untuk mengunjungi Indonesia segera setelah dilantik ketika ia masih menjadi oposisi di parlemen Australia.

Setelah memenangkan pemilu pada 21 Mei lalu, Albanese memang melakukan kunjungan ke Jepang pada 23 Mei, namun dalam rangka KTT Quad.

Menurut Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri RI, Santo Darmosumarto, kunjungan Albanese ke Indonesia membuktikan arti penting kemitraan kedua negara.

"Ini menunjukkan arti penting kemitraan strategis RI-Australia yang dibentuk pada 2018," ujarnya dalam konferensi pers virtual pada Kamis (2/6).

Selama kunjungan ini, kegiatan utama akan dilakukan pada Senin (6/6), di mana Albanese akan melakukan Annual Leaders' Meeting (ALM) dengan Presiden Joko Widodo.

Sejumlah isu akan dibahas dalam pertemuan tersebut, namun percepatan pemulihan ekonomi akan menjadi fokusnya.

Sebagai mitra strategis komprehensif, Indonesia dan Australia juga akan membahas berbagai bidang terkait keamanan, demokrasi, dan lainnya. Di samping itu, juga akan dibahas berbagai isu regional dan global.

ALM antara Indonesia dan Australia terakhir dilakukan di masa pemerintahan Perdana Menteri Scott Morrison di Canberra pada Februari 2022. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA