Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diskors FIDE Karena Dukung Invasi Rusia, Sergey Karjakin Dianugerahi Penghargaan oleh Putin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 03 Juni 2022, 03:32 WIB
Diskors FIDE Karena Dukung Invasi Rusia, Sergey Karjakin Dianugerahi Penghargaan oleh Putin
Presien Rusia Vladimir Putin dan Grandmaster Sergey Karjakin/Net
rmol news logo Loyalitas dan ketegasan Grandmaster (GM) catur asal Rusia, Sergey Karjakin, berbuah penghargaan nasional. Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada Kamis waktu setempat (2/6), menganugerahi Karjakin dengan sebuah penghargaan negara.

Pemberian penghargaan ini merupakan buah dari dukungan Karjakin atas invasi Rusia ke Ukraina. Meskipun, aksi ini kemudian berbuntut skors dari federasi catur dunia (FIDE) terhadap Karjakin.

Dilaporkan Reuters, penghargaan yang diterima pecatur 32 tahun itu biasanya diberikan kepada warga Rusia yang telah membuat prestasi luar biasa di bidangnya.

Karjakin memang menunjukkan diri sebagai pendukung fanatik Putin. Termasuk membela mati-matian keputusan Rusia untuk mengirimkan pasukan ke Ukraina di media sosial.

Melalui sebuah surat terbuka yang ditujukan kepada Vladimir Putin yang dibagikan di media sosial pada 27 Februari lalu, Karjakin mengatakan dirinya sepenuhnya mendukung upaya untuk memperjuangkan demiliterisasi dan denazifikasi Ukraina.
 
"Saya memohon kepada Anda (Putin) pada saat yang sulit ini, ketika negara kami, yang dipimpin oleh Anda, berjuang untuk keselamatan penduduk Rusia yang damai di Donbass dan Republik Rakyat Lugansk,” tulis Sergey Karjakin kala itu.

Pernyataan Karjakin itu membuat FIDE menskorsnya selama 6 bulan pada Maret lalu karena dinilai telah melanggar kode etik catur.

Karjakin yang lahir di Crimea dan pernah membela Ukraina sampai 2009, menyebut keputusan skorsing FIFE itu memalukan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA