Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Perdana Menteri Timor-Leste, Menlu China Janji Tingkatkan Kerja Sama BRI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 04 Juni 2022, 10:43 WIB
Bertemu Perdana Menteri Timor-Leste, Menlu China Janji Tingkatkan Kerja Sama BRI
Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu dengan PM Timor Timur Taur Matan Ruak di Dili/Net
rmol news logo Kerja sama antara China dan Timor-Leste di bawah koridor Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI) akan terus mengalami peningkatan. Hal itu terungkap selama Kunjungan Penasihat Negara merangkap Menteri Luar Negeri China Wang Yi ke Dili Jumat (3/6).

"China siap bekerja sama dengan Timor-Leste untuk membuat rencana kerja sama BRI dan menentukan bidang kerja sama utama," kata Wang, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (4/6).

Pernyataan tersebut dilontarkan menlu China selama pertemuannya dengan Perdana Menteri Timor-Leste Taur Matan Ruak di Dili, ibu kota Timor-Leste.

Diusulkan oleh China pada tahun 2013, BRI terdiri dari Jalur Ekonomi Jalur Sutra dan Jalur Sutra Maritim Abad ke-21, dan bertujuan untuk membangun jaringan perdagangan dan infrastruktur yang menghubungkan Asia dengan Eropa dan Afrika di sepanjang dan di luar rute Jalur Sutra kuno.

China dan Timor-Leste menandatangani Nota Kesepahaman untuk kerjasama di BRI pada Maret 2017.

Kedua negara sepakat untuk memperdalam penyelarasan strategi pembangunan dan memperdalam kerja sama yang saling menguntungkan di bidang-bidang seperti infrastruktur, kapasitas energi, pengentasan kemiskinan, pendidikan dan kesehatan.

Di hari yang sama Wang juga mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Timor-Leste Adaljiza Albertina Xavier Reis Magno.

Timor-Leste adalah perhentian terakhir dari tur 10 hari Wang di kawasan Pasifik, setelah kunjungan ke Kepulauan Solomon, Kiribati, Samoa, Fiji, Tonga, Vanuatu, dan Papua Nugini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA