Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Arab Saudi Sambut Jemaah Haji Luar Negeri untuk Pertama Kali Sejak Pandemi

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 05 Juni 2022, 06:08 WIB
Arab Saudi Sambut Jemaah Haji Luar Negeri untuk Pertama Kali Sejak Pandemi
Kelompok jemaah haji Indonesia jadi gelombang haji pertama dari luar negeri sejak pandemi Covid-19/Net
Sejak awal pandemi Covid-19 menyebar pada awal tahun 2020, Arab Saudi telah menutup pintunya bagi jemaah haji dan umrah dari luar negeri.

Namun untuk pertama kalinya, gelombang pertama jemaah haji luar negeri telah tiba di Arab Saudi pada Sabtu (4/6).

Menurut laporan Saudi Press Agency, jemaah haji pertama yang tiba di Arab Saudi berasal dari Indonesia. Sebanyak 358 jemaah dari Indonesia telah tiba di Bandara Internasional Pangeran Mohamed bin Abdulaziz di Madinah.

"Hari ini kami menerima gelombang pertama jemaah haji tahun ini dari Indonesia, dan penerbangan akan terus datang dari Malaysia dan India," kata perwakilan Kementerian Haji Arab Saudi, Mohammed al-Bijawi.

Setiap tahunnya, Arab Saudi menjadi tuan rumah untuk jutaan jemaah haji. Sebelum pandemi, pada 2019, sebanyak 2,5 juta orang mengikuti ibadah haji.

Tetapi situasi pandemi selama dua tahun terakhir membuat otoritas Arab Saudi mengambil langkah tegas dengan melarang jemaah haji dari luar negeri, dan membatasi jemaah haji domestik.

Pada 2020, Arab Saudi hanya menerima 1.000 jemaah haji. Kemudian pada tahun lalu, Arab Saudi membatasi haji menjadi hanya untuk 60 ribu jemaah.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA