Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Macron Minta Moskow Jangan Dihina, Ukraina: Prancis Mempermalukan Diri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 05 Juni 2022, 06:42 WIB
Macron Minta Moskow Jangan Dihina, Ukraina: Prancis Mempermalukan Diri
Presiden Prancis Emmanuel Macron/Net
rmol news logo Presiden Prancis Emmanuel Macron lagi-lagi mendapatkan kritikan pedas atas upayanya untuk membawa Rusia ke meja perundingan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sejak awal invasi, Macron telah berusaha mempertahankan dialog dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Tetapi beberapa upayanya untuk membawa Putin ke meja perundingan membuat beberapa mitranya justru gerah.

Ukraina bahkan mengkritik Macron yang mendorong agar tidak mempermalukan Rusia.

"Kita tidak boleh mempermalukan Rusia, sehingga pada hari ketika pertempuran berhenti, kita dapat membangun jalan keluar melalui cara-cara diplomatik,” kata Macron dalam sebuah wawancara dengan surat kabar lokal, seperti dikutip Reuters pada Sabtu (4/6).

Setelah itu, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba menegur Macron di Twitter.

"Seruan untuk menghindari penghinaan terhadap Rusia hanya dapat mempermalukan Prancis dan setiap negara lain yang akan menyerukannya," cuitnya.

"Karena Rusialah yang mempermalukan dirinya sendiri. Kita semua lebih baik fokus pada bagaimana menempatkan Rusia pada tempatnya. Ini akan membawa perdamaian dan menyelamatkan nyawa," tambahnya.

Kendati begitu, menurut Macron, Putin telah melakukan kesalahan bersejarah dan mendasar atas keputusan yang telah membuat dia dan Rusia secara keseluruhan terisolasi dari dunia internasional.

"Saya pikir, dan saya mengatakan kepadanya (Putin), bahwa dia membuat kesalahan bersejarah dan mendasar bagi rakyatnya, untuk dirinya sendiri dan untuk sejarah," ucap Macron. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA