Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jet Tempur China Cegat Pesawat Maritim Australia di Atas Laut China Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 05 Juni 2022, 09:55 WIB
Jet Tempur China Cegat Pesawat Maritim Australia di Atas Laut China Selatan
Pesawat maritim RAAF P-8 Australia/Net
rmol news logo Jet-jet tempur China dilaporkan telah mencegat sebuah pesawat Australia di wilayah udara Laut China Selatan selama operasi pengawasan rutinnya.

Departemen Pertahanan Australia pada Sabtu (4/6) menyebut pesawat maritim RAAF P-8 Australia dicegat oleh jet tempur China pada 26 Mei lalu. Ketika itu pesawat berada di wilayah udara internasional.

Departemen menekankan, pencegatan tersebut menghasilkan “manuver berbahaya” yang menyebabkan ancaman keselamatan bagi awaknya.

Pemerintah Australia mengatakan telah menyampaikan kekhawatiran tentang penyadapan kepada pemerintah China.

“Pertahanan selama beberapa dekade melakukan kegiatan pengawasan maritim di kawasan itu dan melakukannya sesuai dengan hukum internasional, menggunakan hak atas kebebasan navigasi dan penerbangan di perairan dan wilayah udara internasional,” kata departemen, seperti dikutip Global News.

Insiden itu terjadi tepat setelah beberapa sumber di Pasukan Kanada dan pemerintah federal mengatakan jet-jet China berulang kali "mendengungkan" pesawat pengintai Kanada di atas perairan internasional yang merupakan bagian dari misi PBB.

Perdana Menteri Justin Trudeau juga telah angkat bicara dan mengatakan akan menangani laporan penyadapan secara langsung dengan pejabat China.

“Kami menanggapi situasi ini dengan sangat serius,” kata Trudeau. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA