Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Erupsi Gunung Bulusan, Puluhan Desa di Filipina Tertutup Abu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 06 Juni 2022, 06:48 WIB
Erupsi Gunung Bulusan, Puluhan Desa di Filipina Tertutup Abu
Abu menutupi jalan, tumbuh-tumbuhan dan rumah-rumah setelah letusan gunung berapi di Sorsogon/Net
rmol news logo Sejumlah wilayah di Filipina tertutup abu setelah sebuah gunung berapi di wilayah timur negara itu memuntahkan awan gelap besar pada Minggu (6/6) waktu setempat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (PhiVolcs) dalam keterangannya menyebutkan bahwa ledakan dari gunung berapi Bulusan di provinsi pedesaan Sorsogon berlangsung sekitar 17 menit, mengirimkan gumpalan abu-abu setinggi sekitar satu kilometer.

Tidak ada korban yang dilaporkan, tetapi pihak berwenang menaikkan status ke tingkat siaga.
AFP melaporkan, pemerintah lokal di Sorsogon, sekitar 500 kilometer selatan ibukota Manila, mengatakan 10 desa di dua kota terkena dampak hujan abu.

Gambar usai kejadian menunjukkan rumah, jalan, dan pepohonan di Kota Juban tertutup abu, dengan kendaraan berjuang untuk menavigasi jalan karena jarak pandang yang buruk.

Pihak berwenang mengerahkan truk pemadam kebakaran untuk membersihkan daerah itu dan warga membantu menyapu abu dari jalan.

"Evakuasi sedang berlangsung di sana, tetapi prioritas kami adalah warga lanjut usia dan mereka yang menderita asma," kata pejabat bencana Juban, Dennis Despabiladeras.

Sementara itu otoritas bandara Manila mengatakan sejauh ini tidak ada penerbangan yang terkena dampak letusan, meskipun pilot diperingatkan untuk mendekati daerah tersebut.

Pihak berwenang juga sudah melarang warga yang ingin masuk ke radius empat kilometer di sekitar gunung berapi dan menyarankan mereka yang tinggal di sekitarnya untuk berhati-hati menyusul kekhawatiran munculnya letusan susulan.

Penduduk di dekat lembah dan sungai juga disiagakan tentang bahaya lumpur dan aliran sungai jika terjadi hujan deras.

Gunung berapi Bulusan telah aktif dalam beberapa tahun terakhir, dengan selusin letusan serupa tercatat pada tahun 2016 dan 2017.

Filipina terletak di "Cincin Api" Pasifik yang aktif secara seismik dan memiliki lebih dari 20 gunung berapi aktif. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA