Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Balas Korut, AS dan Korsel Uji Coba Delapan Rudal

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 06 Juni 2022, 12:02 WIB
Balas Korut, AS dan Korsel Uji Coba Delapan Rudal
Ilustrasi/Net
Aksi berbalas uji coba rudal tengah terjadi di Semenanjung Korea. Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) melakukan uji coba sebagai tanggapan atas tes serupa yang dilakukan oleh Korea Utara.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) pada Senin (6/6) mengecam aksi rudal balistik oleh Korea Utara yang dianggap mereka sebagai provokasi.

"Militer kami mengutuk keras serangkaian provokasi rudal balistik Korea Utara dan secara serius mendesaknya untuk segera menghentikan tindakan yang meningkatkan ketegangan militer di semenanjung dan menambah masalah keamanan," kata JCS, seperti dikutip Yonhap.

JCS juga mengatakan AS dan Korea Selatan telah melakukan uji coba gabungan pada Minggu (5/6) dengan menargetkan berbagai sasaran.

"Penembakan gabungan rudal darat-ke-darat Korea Selatan-AS menunjukkan kemampuan dan postur untuk meluncurkan serangan presisi langsung pada asal-usul provokasi dan pasukan komando dan pendukung mereka," jelas JCS.

Pasa Minggu, Korea Utara telah menembakkan delapan rudal balistik jarak pendek ke arah laut di lepas pantai timurnya.

Menurut Michael Duitsman dari James Martin Center for Nonproliferation Studies (CNS) yang berbasis di AS, uji coba tersebut tampaknya menjadi tes tunggal terbesar yang pernah dilakukan oleh Korea Utara.

Dalam beberapa pekan terakhir, Korea Utara telah menguji berbagai rudal, termasuk rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-17.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA