Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tersedak Saat Makan Malam, Wanita Lithuania Bertarung Hidup di Rumah Sakit Dubai

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 06 Juni 2022, 15:47 WIB
Tersedak Saat Makan Malam, Wanita Lithuania Bertarung Hidup di Rumah Sakit Dubai
Ilustrasi/Net
Wanita asal Lithuania mengalami hari yang buruk setelah tersedak saat jamuan makan malam. Tim medis yang tiba untuk menolongnya menyatakan kematian klinis wanita bernama Ruth itu.

Tim dokter berusaha menyelamatkannya dengan memberinya bantuan defibrillator sehingga jantungnya bisa dipulihkan.

Bencana itu terjadi pada 26 Mei 2022 lalu. Ruth tersedak sepotong daging di salah satu restoran Dubai saat makan malam, seperti dikutip dari Lithuania Post.

Pada saat ambulans tiba, Ruth  yang tercekik sudah dalam keadaan tidak sadarkan diri. Dia tanpa oksigen selama 20 menit. Kematian klinis telah didiagnosis, tetapi kemudian dokter berhasil merevitalisasi jantung dengan bantuan defibrillator.

Ruth kini terbaring koma. Kehidupannya ditopang oleh alat bantu pernapasan medis. Para dokter memberikan harapan yang sangat kecil untuk bertahan hidup. Namun, banyak yang mengharapkan adanya keajaiban, dan percaya bahwa Ruth tidak akan menyerah.

Tersedak adalah terjadinya kondisi penyumbatan saluran napas bagian atas oleh makanan atau benda lain. Kondisi ini akan membuat seseorang mengalami kesulitan bernapas yang menyababkan batuk sederhana dan cenderung mudah diatasi. Namun, penyumbatan total jalan napas dapat menyebabkan kematian. Ini kenapa tersedak bisa digolongkan sebagai keadaan darurat medis sejati

Tersedak termasuk keadaan darurat, maka tersedak dikategorikan keadaan yang membutuhkan tindakan cepat dan tepat oleh siapa pun yang ada.

Ketika seseorang tersedak dengan jalan napas yang benar-benar tersumbat, tidak ada oksigen yang bisa masuk ke paru-paru.

Dikutip dari SehatQ, otak sangat sensitif terhadap kekurangan oksigen sehingga organ ini akan mulai mati dalam empat hingga enam menit sejak kekurangan oksigen.

Pada saat inilah pertolongan pertama harus dilakukan. Kematian otak tidak akan dapat dipulihkan setelah mengalami kekurangan oksigen dalam 10 menit.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA